Efektifitas penerapan Pembelajaran Al-QUR'AN Sistem Al-Wahyu terhadap tingkat pemahaman Al-Qur'an di Majlis Ta'lim Baiti Jannati Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Megawati, Novelia (2009) Efektifitas penerapan Pembelajaran Al-QUR'AN Sistem Al-Wahyu terhadap tingkat pemahaman Al-Qur'an di Majlis Ta'lim Baiti Jannati Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novelia Megawati_D31304009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah terlalu banyaknya sistem pembelajaran al-Qur'an yang diterapkan di berbagai lembaga pengajaran al-Qur'an seperti TPQ, majlis talim dan sekolah-sekolah yang semua itu haya mengedepankan cara membaca, menulis, dan tajwidnya saja yang membutuhkan waktu sangat lama, sehingga tingkat pemahaman al-Qur'an pada peserta didik sangat rendah, salah satu alternatif yang ditempuh untuk meningkatkan pemahaman al-Qur'an pada peserta didik dengan menggunakan sistem al-Wahyu. Sistem al-Wahyu adalah metode malaikat Jibril dalam mengajarkan al-Qur'an kepada Rasulullah dan metode Rasulullah dalam mengajarkannya kepada para sahabat. Di dalam sistem al-Wahyu peserta didik tidak hanya diajarkan menulis dan membaca al-Qur'an tetapi mereka diajarkan cara cepat memahami al-Qur'an. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana penerapan model pembelajaran al-Qur'an sistem al-Wahyu di Majlis Telim Baiti Jannati Surabaya? 2. Bagaimana pemahaman al-Qur'an sistem al-Wahyu di Majlis Talim Baiti Jannati Surabaya? 3. Bagaimana efektivitas model pembelajaran al-Qur'an sistem al-Wahyu terhadap pemahaman al-Qur'an peserta didik di Majlis Talim Baiti Jannati Surabaya? Jenis penulis yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Data yang diperoleh dan dianalisis dengan rumus regresi linear dengan menggunakan program SPSS seri V.10 dan V.12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pembelajaran al-Qur'an kurang baik; 2) Pemahaman al-Qur'an kurang baik; 3) Adanya keefektifan yang positif dan signifikan antara penerapan pembelajaran al-Qur'an sistem al-Wahyu terhadap pemahaman al-Qur'an. Hal ini terbukti dari hasil uji regresi linear sbesar 15,228 dengan asumsi bahwa variabel lainnya adalah konstan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Megawati, NoveliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Al Qur'an
Keywords: Pembelajaran Al Qur'an System Al Wahyu; Pemahaman Al Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 16 Jul 2019 07:56
Last Modified: 16 Jul 2019 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32601

Actions (login required)

View Item View Item