Konsep pendidikan akhlak terhadap anak perspektif Abdullah Ulwan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shofiyuddin, Achmad (2010) Konsep pendidikan akhlak terhadap anak perspektif Abdullah Ulwan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Shofiyuddin_D01303078.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32603

Abstract

Pendidikan anak dalam islam merupakan hal yag sangat penting untuk mencetak kepribadian anak yang Islami dan berakhlakul karimah yang tentunya sesuai dengan al-Qur'an dan as-Sunnah. Setiap orang tua harus memberikan pendidikan agama pada anak supaya kelak anak menjadi anak yang sholeh dan bermoral tinggi yang didamba-dambakan orang tua. Dalam hal ini orang tua sangat berperan untuk membimbingnya. Karena orang tua adalah orang yang paling mengerti karakter dan perkembangan anaknya. Materi dan metode yang diberikan pada anak harus benar-benar sesuai dengan ajaran agama Islam. Adapun isi dari skripsi ini terbagi menjadi lima bab, yakni pendahuluan, biografi Abdullah Nasih Ulwan, pendidikan moral menurut Abdullah nasih ulwan, metode yang digunakan analisis dari pemikiran Abdullah nasih ulwan dan penutup. Adapun rumusan masalah skripsi ini adalah Bagaimana pengertian pendidikan akhlak terhadap anak perspektif Abdullah Nasih Ulwan, konsep dan teori pendidikan akhlak terhadap anak Abdullah Nasih Ulwan, dan Bagaimana relevansinya terhadap pendidikan masa kini? Sedangkan dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Hal ini dimaksudkan tidak untu menguji hipotesis tertentu, tetapi hanya menggambarkan apa adanya tentang suatu variabel. Adapun buku-buku yangmenjadi sumber utama dalam skripsi ini adalah buku berjudul "Pendidikan Anak Dalam Islam" terjemahan "Tarbiyatul Aulad fil Islam " karya Abdullah Nasih Ulwan. Setelah mengadakan penelitian, maka pengertian pendidikan moral anak menurut Abdullah Nasih Ulwan adalah serangkaian sendi moral, keutamaan tingkah laku dan naluri yang dilakukan anak yang diusahakan dan dibiasakan sejak kecil hingga memasuki usia pemuda dan siap menyongsong kehidupan. Aspek-aspek pendidikan menurut Abdullah Nasih Ulwan adalah keimanan, intelektual, psikis/kejiwaan, fisik, moral, sosial dan seksual. Dengan materi dasar yang meliputi kejujuran, amanah, kesabaran dan malu. Sedangkan metode pendidikan yang digunakan yaitu: pendidikan dengan keteladanan, pendidikan dengan adat kebiasaan, pendidikan dengan nasehat, pendidikan dengan perhatian, dan pendidikan dengan memberikan hukuman. Oleh karena itu hendaknya materi dan metode yang diberikan guru dan orang tua mengandung nlai-nilai Islami dan disesuaikan dengan kond isi anak dan sekitamya sehingga pencapaian tujuan menjadi lebih maksimal. Yaitu menjadikan anak dengan akhlak yang tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shofiyuddin, Achmad--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Konsep pendidikan akhlak; pendidikan anak; Abdullah Ulwan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Jul 2019 08:13
Last Modified: 16 Jul 2019 08:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32603

Actions (login required)

View Item View Item