Internalisasi nilai-nilai Aswaja al Nahdliyah dalam praktek ideologi kebangsaan di kalangan pemuda Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hoir, Khoidul (2019) Internalisasi nilai-nilai Aswaja al Nahdliyah dalam praktek ideologi kebangsaan di kalangan pemuda Sampang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoidul Hoir_F520915015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menguatnya kembali kontestasi ideologis antara Islam dan nasionaslisme di Indonesia. Kontestasi ini, dalam kurun kesejarahan, memang belum bisa diselesaikan. Meski terumuskan secara makro dan untuk kepentingan nasional, penelitian ini tidak bermaksud untuk menggambarkan bagaimana produk ijtihadi itu terjadi. Melainkan mencari konteks dan kontes yang lebih mikro yakni dinamika pemikiran aswaja an nahdliyah di Kabupaten Sampang dan bagaimana bentuk penyampaiannya kepada kalangan pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa. Dalam penelitian ini, peneliti akan menggunakan jenis penelitian kualitatif yang didekati melalui perspektif fenomenologis. Adapun dari sisi fokus masalahnya, peneliti akan membedah tiga hal penting yaitu; Bagaimana model penyampaian nilai Aswaja bagi kelompok pemuda d Kab. Sampang? Bagaimana strategi pengembangan wawasan kebangsaan bagi kelompok pemuda di Kab. Sampang? Bagaimana strategi pengembangan Aswaja untuk membangun nilai-nilai kebangsaan bagi kelompok pemuda di Kab. Sampang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola penanaman ideology Louis Althusser. Sedang dalam hal analisanya penulis akan menggunakan model analisa model interaktif. Berdasarkan asumsi riset, teori, dan kerangka metodik penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa pertam, pola penyampaian pemahaman Aswaja di Kabupaten Sampang kepada para pemuda dilakukan melalui; optimalisasi SDM, penumbuhan pemahaman kolektif penguatan peran Aswaja Centre, pelibatan langsung organisasi pemuda, kerjasama lintas institusi, optimalisasi kreatifitas pemuda Sampang kedua, proses internalisasi dan strategi penyampaian nilai-nilai kebangsaan kepada kalangan pemuda tidak jauh berbeda dengan penanaman nilai-nilai keaswajaan. PCNU Sampang hanya menambahi fitur keaswajaan dengan nilai-nilai kebangsaan yang sudah diyakini kebenarannya secara ideologis. Ketiga, Model penyampaian dua kontestasi ideology (baca; Islamisme dan Nasionalisme) ini, berbentuk integrative dalam bingkai Aswaja an Nahdliyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hoir, Khoidulgushoir87@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ideologi Islam
Pemuda Islam
Keywords: Aswaja al Nahdliyah; kebangsaan; pemuda
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Hoir Khoidul
Date Deposited: 24 Jul 2019 03:05
Last Modified: 24 Jul 2019 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32614

Actions (login required)

View Item View Item