Tinjauan hukum pidana positif dan hukum pidana Islam terhadap tindak pidana Fidusia: studi putusan Pengadilan Negeri Sleman nomor : 330/Pid.Sus/2015/PN.Smn di PN Sleman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nufus, Raudhah Hayatun (2019) Tinjauan hukum pidana positif dan hukum pidana Islam terhadap tindak pidana Fidusia: studi putusan Pengadilan Negeri Sleman nomor : 330/Pid.Sus/2015/PN.Smn di PN Sleman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Raudhah Hayatun Nufus_C03215031.pdf

Download (9MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : Pertama, Putusan Pengadilan Negeri Sleman Nomor : 330/Pid.Sus/2015/Pn.Smn tentang pidana fidusia majelis hakim dalam menjatuhkan pidana penjara selama 9 (Sembilan) bulan kurang tepat karena dalam hal ini hakim menjatukan pidana bersifat alternatif sedangkan bunyi pasal yang digunakan bersifat kumulatif yaitu pasal 36 Undang-undang No. 42 tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia. Kedua, sanksi hukuman yang diberikan terhadap terdakwa sudah sesuai dengan aturan hukum pidana Islam karena perbuatan yang dilakukan terdakwa termasuk jarimah ta’zi>r sehingga sanksi dan ketentuan hukumannya diserahkan kepada ulil amri atau lembaga pemerintah yang berkuasa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nufus, Raudhah Hayatunreidanufus@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Gadai
Hukum > Hukum Pidana Islam
Keywords: hukum pidana positif; hukum pidana Islam; tindak pidana fidusia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Nufus Raudhah Hayatun
Date Deposited: 22 Jul 2019 01:53
Last Modified: 22 Jul 2019 01:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32617

Actions (login required)

View Item View Item