Analisis Maslahah Mursalah terhadap program Taman Posyandu dalam memenuhi hak anak atas pendidikan: studi kasus di Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hurri, Muhammad Istiqomul (2019) Analisis Maslahah Mursalah terhadap program Taman Posyandu dalam memenuhi hak anak atas pendidikan: studi kasus di Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Istiqomul Hurri_C91215072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Analisis Mas}lah}ahMursalahTerhadap Program Taman Posyandu dalam Memenuhi Hak Anak Atas Pendidikan (Studi Kasus di Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik) adalah hasil penelitian lapangan (field research) yang difokuskan pada dua rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana program taman posyandu dalam memenuhi hak anak atas pendidikan?. (2) BagaimanaAnalisis mas}lah}ah mursalah terhadap program taman posyandu dalam memenuhi hak anak atas pendidikan? Peneliti dalam menulis skripsi ini menggunakan metode kualitatif dan menggali data dari observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian data tersebut memasuki proses editing, organizing setelah itu dirumuskan. Tahap selanjutnya data dianalisis dengan teknik deskriptif analisis dalam menjabarkan program taman posyandu dalam memenuhi hak anak atas pendidikan. menggunakan pola deduktif dengan menggunakan teori sebagai pijakan awal untuk menganalisis data sebelumnya untuk memperjelas hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa program Taman Posyandu dalam memenuhi hak anak atas pendidikan, adalah Salah satu program di bidang pendidikan untuktanak-anak usia dini di bawah 3 tahun yang untuk mengembangkan potensi anak dengan sistem kurikulum yang teratur dan metode pengajaran bermain seraya belajar dengan didampingi guru dan orang tua demi memenuhi hak pendidikan anak.menyekolahkan anak di Taman posyandu lebih efektif dan kemaslahatan yang dapat diraih lebih. Dan dilihat dari konsep Mas}lah}ah Mursalah program Taman Posyandu sesuai dengan hukum Islam. Kemaslahatan yang diraih tidak bertentangan dengan tujuan hukum Islam yaitu memelihara agama, memelihara akal di Taman Posyandu. Sejalan dengan kesimpulan diatas,demi kemajuan program Taman Posyandu dalam memenuhi hak anak atas pendidikan di kecamatan Bungah kabupaten Gresik,masyarakat seharusnya tidak meremehkan adanya program tersebut dikarenakan tujuan serta manfaatnya yang banyak, program ini seharusnya menjadi batu loncatan bagiperkembangan putra-putri mereka dan tidak menyia-nyiakan masa keemasan yang mereka miliki.Pemerintah seharusnya peduli terhadap program ini dengan cara melengkapi segala sarana dan prasaranaseperti melengkapiAlat Permainan Edukatif (APE) dan memberikan tempat yang layak untuk membantu berjalannya proses kegiatan belajar mengajar dan perkembangan Taman Posyandu khususnya Taman Posyandu di wilayah kecamatan Bungah kabupaten Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hurri, Muhammad Istiqomulelhurryiqom@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Maslahah Mursalah; program Taman Posyandu; hak anak; pendidikan anak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Hurri Muhammad Istiqomul
Date Deposited: 23 Jul 2019 03:08
Last Modified: 23 Jul 2019 03:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32619

Actions (login required)

View Item View Item