Tingkat kinerja Lembaga Amil Zakat Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Surabaya dengan indikator Indonesia Zakat & Development Report (IZDR) 2011

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdillah, Ulil Absor Faiq (2019) Tingkat kinerja Lembaga Amil Zakat Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Surabaya dengan indikator Indonesia Zakat & Development Report (IZDR) 2011. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulil Absor Faiq Abdillah_C07215013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Tingkat Kinerja Lembaga Amil Zakat Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Surabaya dengan Indikator Indonesia Zakat & Development Report (IZDR) 2011” ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode evaluasi yang bertujuan ingin mengetahui tingkat kinerja suatu lembaga sehingga data yang terkumpul akan dibandingkan dengan kriteria atau standar tertentu dan peneliti ingin mengetahui tingkat ketercapaian kinerja suatu lembaga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan Evaluasi. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan wawancara secara langsung kepada informan, yang meliputi ketua, sekretaris, bendahara LAZISNU dan ketua, sekretaris, bendahara LAZISMU. Kedua dengan cara pengumpulan data berupa laporan perubahan dana tahun 2017 dan 2018, visi misi, struktur organisasi, Standar Operasional Prosedur (SOP), dan dokumen rencana strategis. Teknik Pengolahan Data dalam penelitian ini adalah teknik triagulasi, yaitu mengkonvirmasi ulang apakah data yang didapat sangat relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kinerja dari kedua lembaga amil zakat, LAZISNU Surabaya dan LAZISMU Surabaya adalah sebagai berikut: tingkat kinerja LAZISNU ialah nilai tertinggi dicapai pada kinerja kepatuhan syariah, legalitas dan kelembagaan kemudian kinerja keuangan Sementara itu, kinerja terendah terdapat pada kinerja program pendayagunaan. Secara keseluruhan, nilai yang di peroleh adalah 5,2 atau BBB+, sedangkan tingkat kinerja LAZISMU ialah diketahui bahwa nilai tertinggi dicapai pada kinerja keuangan kemudian kinerja kepatuhan syariah, legalitas, dan kelembagaan. Sementara itu, kinerja terendah terdapat pada kinerja legitimasi sosial. Secara keseluruhan, nilai yang di peroleh adalah 5,52 atau A-. Sejalan dengan hasil penelitian di atas, penulis dapat memberikan saran bahwa LAZISMU dan LAZISNU agar terus memperbaiki segala kinerja yang dirasa memiliki pengaruh besar terhadap kinerja lembaga amil zakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdillah, Ulil Absor Faiqulilabsorfaiqa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Zakat
Amil Zakat
Keywords: Kinerja; Lembaga Amil Zakat; IZDR 2011
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Zakat dan Wakaf
Depositing User: Abdillah Ulil Absor Faiq
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:47
Last Modified: 22 Jul 2019 04:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32638

Actions (login required)

View Item View Item