Pengaruh Pembelajaran Kooperatif terhadap Inteligensi Interpersonal mata pelajaran PAI Kelas VIII D SMPN 13 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nihayah, Ishmatun (2010) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif terhadap Inteligensi Interpersonal mata pelajaran PAI Kelas VIII D SMPN 13 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ishmatun Nihayah_D01203172.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32665

Abstract

Penelitian ini berjudul "Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Terhadap Inteligensi Interpersonal Mata Pelajaran PAI Kelas VIlI D SMPN 13 Surabaya". Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yang diteliti, yaitu variabel independent (variabel X) yaitu pembelajaran kooperatif dan variabel dependent (variabel Y) yaitu inteligensi interpersonal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan l-uantitatif, yaitu penelitian yang menggunakan prosedur pemecahan dengan berbagai rumus statistik. Yang menjadi dasar dari penggunaan pendekatan kuantitatif ini adalah karena sebagian besar data yang dikehendaki dalam penelitian ini bersifat kuantitatif. Ada tiga permasalahan yakni, bagaimana pembelajaran kooperatif mata pelajaran PAl kelas VIII D SMPN 13 Surabaya, bagaimana inteligensi interpersonal kelas VIII D SMPN 13 Surabaya, dan apakah ada pengaruh pembelajaran kooperatif terhadap inteligensi interpersonal mata pelajaran PAI kelas VIII D SMPN 13 Surabaya. Untuk mengetahui penriasalahan yang pertama penulis menggunakan angket clan observasi, sedangkan untuk persoalan yang kedua digunakan metode angket saja. Dan untuk mengetahui persoalan yang ketiga digunakan rumus product moment. Berdasarkan data yang diperoleh, telah diketahui bahwa pembelajaran kooperatif mata pelajaran PAI kelas VIII D SMPN 13 Surabaya yang apabila dikonsultasikan dengan kriteria Suharsimi Arikunto berkisar antara 40% - 55% yang dikategorikan kurang baik. Sedangkan inteligensi interpersonal dari basil angket berada pada skor 58, yang apabila dikonsultasikan dengan kriteria T. Safaria berkisar antara 40 - 69 yang dikategorikan sedang. Kemudian pengaruh pembelajaran kooperatif terhadap inteligensi interpersonal mat.a pelajaran PAl kelas VIII D SMPN 13 Surabaya diperoleh 0,375 yang apabila dikonsultasikan dengan tabel 0r, product moment tergolong lemah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif mata pelajaran PAI kelas VIII D SMPN 13 Surabaya tergolong kurang baik. Sedangkan inteligensi interpersonal siswa ke1as VIII D SMPN 13 Surabaya tergolong sedang, clan pengaruh pembelajaran kooperatif terhadap inteligensi interpersonal mata pelajaran PAI kelas VIII D SMPN 13 Surabaya tergolong lemah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nihayah, Ishmatun--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran Kooperatif; Inteligensi Interpersonal; mata pelajaran PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Jul 2019 08:31
Last Modified: 22 Jul 2019 08:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32665

Actions (login required)

View Item View Item