Pemberdayaan pemuda dalam proses Konservasi Lingkungan Pesisir di Desa Banjarwati, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahfudhoh, Anik (2019) Pemberdayaan pemuda dalam proses Konservasi Lingkungan Pesisir di Desa Banjarwati, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anik Mahfudhoh_B52215023.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui proses aksi pemberdayaan pemuda dalam proses konservasi lingkungan pesisir dan (2) Mengetahui dakwah Islam dalam aksi pemberdayaan pemuda dalam proses konservasi lingkungan pesisir di Desa Banjarwati, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian riset aksi dengan pendekatan Participatory Action Research. Kajian pustaka dilakukan untuk menemukan kerangka konseptual dari pemberdayaan masyarakat, konservasi lingkungan pesisir, sosiologi lingkungan pesisir dan konservasi lingkungan pesisir menurut perspektif dakwah Islam. Adapun kajian pustaka tersebut kemudian digunakan untuk memahami kondisi lapangan yang sesungguhnya dari sudut pandang ilmiah. Selanjutnya, melalui wawancara, FGD dan kajian pustaka tersebut dijadikan sebagai landasan dasar dalam menentukan aksi perubahan yang dikehendaki. Dalam penelitian aksi ini, disimpulkan bahwa “Pemberdayaan Pemuda dalam Proses Konservasi Lingkungan Pesisir di Desa Banjarwati” tergolong cukup berhasil. Keberhasilan tersebut dibuktikan dengan adanya partisipasi aktif pemuda dalam proses aksi perubahan dan dakwah Islam dalam proses konservasi lingkungan pesisir Desa Banjarwati.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahfudhoh, Anikmahfudhohanik@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan pemuda; dakwah Islam; konservasi pesisir; PAR
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mahfudhoh Anik
Date Deposited: 23 Jul 2019 07:27
Last Modified: 23 Jul 2019 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32701

Actions (login required)

View Item View Item