Peran Syekh Jumadil Kubro dalam penyebaran Islam di Jawa menurut Mochammad Cholil Nasiruddin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Ana Lailatur (2019) Peran Syekh Jumadil Kubro dalam penyebaran Islam di Jawa menurut Mochammad Cholil Nasiruddin. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ana Lailatur Rohmah_A92215068.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Peran Syekh Jumadil Kubro dalam Penyebaran Islam di Jawa Menurut Mochammad Cholil Nasiruddin. memiliki tiga fokus penelitian, yaitu: Bagaimana keadaan masyarakat Jawa sebelum Islam. Bagaimana riwayat hidup Syekh Jumadil Kubro. Bagaimana peran Syekh Jumadil Kubro dalam menyebarkan Islam di Jawa. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah yang menggunakan pendekatan historis. Pendekatan tersebut digunakan peneliti bertujuan untuk menghasilkan bentuk dan proses dari peristiwa sejarah dan untuk menjelaskan sejarah masyarakat Jawa dan riwayat hidup Syekh Jumadil Kubro. Dalam penelitian ini menggunakan Teori Peran dari Biddle dan Tomas yang menjelaskan seorang tokoh yang memiliki peran tertentu dapat mempengaruhi masyarakat dengan apa yang dilakukannya. Selain itu juga harus mematuhi norma sosial yang berlaku. Adapun metode yang digunakan oleh peneliti dalam penulisan sejarah ini adalah: Heuristik, Kritik, Interpretasi, dan Historiografi. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) kondisi kegamaan masyarakat Jawa sebelum Islam menganut Animisme dan Dinamisme, Hindu, Buddha. Bentuk pemerintahan adalah kerajaan-kerajaan dengan sektor ekonomi ditopang oleh pertanian dan perdagangan. (2) Syekh Jumadil Kubro datang dari Uzbekistan dengan tujuan berdakwah dari satu wilayah ke wilayah lain, yang akhirnya melakukan Islamisasi di Pulau Jawa terutama Kerajaan Majapahit. (3) Peran yang diambil dalam islamisasi oleh Syekh Jumadil Kubro adalah dengan cara berdagang dan mendekati tokoh kerajaan serta rakyat biasa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Ana Lailaturanalailatunnisfah31031997@gmail.comA92215068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukarrom, Ahwanahwanmukarrom@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Islamisasi; Jumadil Kubro; Peran
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Rohmah Ana Lailatur
Date Deposited: 31 Jul 2019 07:05
Last Modified: 31 Jul 2019 07:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32705

Actions (login required)

View Item View Item