Penggunaan ayat-ayat al Quran sebagai mahabbah: studi living Quran di Kabupaten Sumenep Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anshori, Anshori (2019) Penggunaan ayat-ayat al Quran sebagai mahabbah: studi living Quran di Kabupaten Sumenep Jawa Timur. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anshori_F02517337.pdf

Download (10MB)

Abstract

Seiring dengan berkembangnya zaman, kajian terhadap al-Qur’ān mengalami wilayah kajian. Dari yang awalnya hanya kajian teks kemudian berkembang kepada kajian sosial budaya yang menjadikan masyarakat agama sebagai objek kajiannya. Kajian ini sering disebut sebagai kajian Living Qur’ān. Terdapat keunikan yang terjadi di masyrakat Kabupaten Sumenep tentang cara mereka menghidupkan al-Qur’ān dalam kehidupan sehari-hari. Ada beberapa ayat yang dijadikan amalan dan diyakini bisa mendatangkan Mahabbah. Fokus penelitian ini adalah mengenai ayat-ayat al-Qur’ān di Kabupaten Sumenep yang diyakini bisa mendatangkan atau mempunyai kandungan Mahabbah yang dirumuskan dalam beberapa pertanyaan. 1). Apa saja dan bagaimana cara penggunaan ayat-ayat Mahabbah oleh masyarakat Kabupaten Sumene? 2). Bagaimana dampak penggunaan ayat-ayat Mahabbah di masyrakat Kabupaten Sumenep? 3). Bagaimana respon positif dan negatif penggunaan ayat-ayat Mahabbah di masyarakat Kabupaten Sumenep? Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan observasi dan wawancara. Analisis datanya dengan cara reduksi data, display data, verifikasi dan simpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, 1). Ayat yang bisa mendatangkan Mahabbah: Surat Yusuf: 04, 31. Ṭoha: 39. al-Nas. Ayat Kursi. Al-Taubah: 128-129. Al-Ikhlaṣ. Lafadz Basmalah. An-Naml: 30-31. Yasin. Sedangkan cara yang mereka lakukan untuk bisa mendatangkan Mahabbah bermcam-macam. Tergantung dari mana mereka mendapatkan ayat tersebut. 2). Dampak penggunaan dari pengamalan ayat-ayat Mahabbah tersebut tergantung niat orang yang mengamalkannya. 3). Penggunaan atau pengamalan ayat-ayat Mahabbah di masyarakat Sumenep mendapatkan respon yang sangat positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anshori, Anshoriannshori@gmail.comF02517337
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbu Bakar, Abu Bakarabubakaryamani@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tradisi Islam
Keywords: Mahabbah; Living Qur’ān
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Anshori Anshori
Date Deposited: 29 Jul 2019 03:43
Last Modified: 29 Jul 2019 03:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32712

Actions (login required)

View Item View Item