Analisis hukum Islam dan hukum positif di Indonesia terhadap jual beli Bahan Bakar Minyak melalui Pertamini di Wonocolo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatmawati, Erlin (2019) Analisis hukum Islam dan hukum positif di Indonesia terhadap jual beli Bahan Bakar Minyak melalui Pertamini di Wonocolo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erlin Fatmawati_C92215100.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan dengan judul Analisis Hukum Islam dan Hukum Positif di Indonesia terhadap Jual Beli Bahan Bakar Minyak melalui Pertamini di Wonocolo adalah untuk menjawab pertanyaan: bagaimana analisis hukum Islam terhadap jual beli BBM melalui Pertamini di Wonocolo? Dan bagaimana analisis hukum positif di Indonesia terhadap jual beli BBM melalui Pertamini di Wonocolo? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang data penelitiannya diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pihak pemilik Pertamini, pihak SPBU Margorejo, dan konsumen Pertamini untuk selanjutnya diolah dengan cara editing dan organizing. Selanjutnya data yang berhasil dihimpun, dianalisis dengan metode analisis deskriptif dengan pola pikir deduktif. Dari hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: praktik jual beli BBM melalui Pertamini dilakukan dengan menggunakan alat yang dilengkapi dengan tangki dan selang nozzle. Adanya Pertamini memudahkan masyarakat yang membutuhkan BBM, namun sistem keamanan kurang memadai mengingat BBM merupakan bahan yang mudah terbakar. Dalam konsep hukum Islam praktik jual beli BBM melalui Pertamini di Wonocolo telah sesuai dan sah karena memenuhi syarat dan rukun al-bai’, sedangkan berdasarkan hukum Positif di Indonesia praktik jual beli BBM yang dilakukan oleh Pertamini belum memenuhi ketentuan sebagai sub penyalur karena tidak memerhatikan keamanan dan keselamatan kerja, selain itu Pertamini juga tidak memiliki izin pendirian usaha. Sejalan dengan kesimpulan tersebut, hendaknya pemerintah menetapkan regulasi yang mengatur dengan tegas mengenai teknis pendirian kios Pertamini, sehingga tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan kerja. Selain itu perlu adanya kesadaran masyarakat untuk turut andil menjaga keamanan disekitar lokasi Pertamini dengan tidak merokok maupun memainkan handphone.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatmawati, Erlinerlinfatmawatii@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Jual Beli
Keywords: Jual beli; bahan bakar minyak; Pertamini
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Fatmawati Erlin
Date Deposited: 24 Jul 2019 08:02
Last Modified: 24 Jul 2019 08:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32725

Actions (login required)

View Item View Item