Makna rutinitas kegiatan keagamaan bagi kualitas kerja karyawan: studi kasus pada Bank pembiayaan rakyat Syariah Jabal Nur Tebuireng pusat Gayungsari Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosidah, Eva Ainur (2019) Makna rutinitas kegiatan keagamaan bagi kualitas kerja karyawan: studi kasus pada Bank pembiayaan rakyat Syariah Jabal Nur Tebuireng pusat Gayungsari Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eva Ainur Rosidah_G74215062.pdf

Download (904kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Makna Rutinitas Kegiatan Keagamaan bagi Kualitas Kerja Karyawan ( Studi Kasus pada BPRS Jabal Nur Tebuireng Pusat Gayungsari Surabaya)” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang (1) Bagaimana implementasi rutinitas kegiatan keagamaan BPRS Jabal Nur Tebuireng dan (2) Bagaimana Rutinitas kegiatan keagamaan bagi kualitas kerja karyawan BPRS Jabal Nur Tebuireng. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada objek. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian diolah melalui editing, organizing, dan penemuan hasil untuk memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi rutunitas kegiatan keagamaan dilakukan dalam empat fase yaitu harian, mingguan, bulanan dan tahunan, yang meliputi kegiatan keagamaan doa pagi, doa sore, kultum, mengaji, bersedekah, dan khataman, yang dianggap bahwa rutinitas kegiatan keagamaan mendatangkan keberkahan dalam lembaga tersebut, yang menyebabkan meningkatnya kunjungan nasabah, baik dalam pembiayaan, tabungan dan deposito. Hal tersebut dalam dilihat dari peningkatan pendapatan pembiayaan musyarakah, qardh, wadi’ah, dan tabungan mudharabah pada bulan maret, september dan desember dari tahun 2016-2017, dan peningkatan pada bulan maret dari tahun 2018-2019, peningakatan pendapat tersebut terus meningkat setiap tahunnya. Selain itu rurtinitas kegiatan keagamaan tersebut membentuk kedisiplinan bagi karyawan dalam hal kehadiran masuk kerja, yang awalnya sebelum ada rutinitas kegiatan keagamaan tingkat kehadiran karyawan tidak terkontrol sekarang menjadi terkontol, sehingga tingkat karyawan tidak hadir, cuti maupun terlambat sekarang mulai menurun. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rutinitas kegiatan keagamaan yang dilakukan BPRS Jabal Nur Tebuireng telah berhasil memberikan dampak bagi kinerja karyawan, yaitu meningkatnya kinerja karyawan, yang sebelumnya kinerja karyawan sudah baik setelah meraih prestasi dari NFOBANK atas kinerja keuangan, ditambah dengan peningkatan jumlah nasabah dan pendapatan pembiayaan setelah adanya rutinitas kegiatan keagaaman tersebut yang menjadikan kinerja karyawan lebih berkualitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosidah, Eva Ainurevaainurrosidah705@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Etos Kerja
Keywords: Kegiatan Keagamaan; Kinerja Karyawan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rosidah Eva Ainur
Date Deposited: 24 Jul 2019 06:38
Last Modified: 24 Jul 2019 06:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32734

Actions (login required)

View Item View Item