Lenggak lenggok tari Jaipong dalam perspektif hadis: studi kritik analisis hadis Sahih Muslim nomor indeks 2128 dengan pendekatan budaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur'Aini, Amalia Dwi (2019) Lenggak lenggok tari Jaipong dalam perspektif hadis: studi kritik analisis hadis Sahih Muslim nomor indeks 2128 dengan pendekatan budaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amalia Dwi Nur'aini_E95215038.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kesenian merupakan ekspresi jiwa serta budaya bagi penciptanya serta menjadi karya yang mengandung unsur keindahan. Ada tiga macam kesenian tradisional, diantaranya: seni tari, seni musik dan seni teater. Seni tari yang biasa terkenal dengan lenggak-lenggoknya seperti tari jaipong yaitu lebih mengutamakan keindahan, irama gerak dan fokus pada hiburan. Maka penelitian ini berjudul ”Lenggak-lenggok Tari Jaipong dalam Perspektif Hadis (Studi Kritik Hadis dengan Pendekatan Budaya)”. Dengan rumusan masalah bagaimana pemahaman Hadis dalam Sahih Muslim No. Indeks 2128, bagaimana pendapat dan pemahaman para budayawan tentang hadis Sahih Muslim No. Indeks 2128. Penelitian ini memakai metode kualitatif, dengan langsung terjun ke lapangan mengumpulkan data-data melalui wawancara serta dokumentasi, peninjauan terhadap kajian kepustakaan (library research) dan kajian lapangan (field research) guna memadukan antara teori data yang ditulis dengan kajian yang telah diteliti berdasarkan fakta di lapangan. Penelitian ini menggunakan kitab Imam Muslim sebagai sumber utama dibantu dengan beberapa kitab hadis standar lainnya. Kemudian dianalisa menggunakan metode kritik sanad dan matan serta menerapkan dengan kajian pendekatan budaya. Adapun hasil penelitian ini yang Pertama, Hadis lenggak-lenggok dalam riwayat Imam Muslim no. indeks 2128 berkualitas sahih, dan termasuk kategori hadis maqbul ma’mulun bih sehingga dapat dijadikan hujjah. Kedua, dalam pandangan ulama melarang tarian karena banyak mengandung mudhorot, pandangan budayawan tari bahkan budaya sangat berkaitan dengan agama seperti masuknya Islam pada setiap budaya melalui tarian, tetapi semua itu bisa di harmonisasikan dengan saling menyesuaikan yaitu budaya bahkan tari harus tetap menyesuaikan dengan agama, jadi budaya akan tetap dilestarikan tanpa merusak nilai-nilai agama Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur'Aini, Amalia Dwidwiainiamalia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya - Agama
Kesenian
Hadis
Keywords: Lenggak-lenggok; Tari Jaipong; Budaya
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Nur'Aini Amalia Dwi
Date Deposited: 25 Jul 2019 03:27
Last Modified: 25 Jul 2019 03:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32748

Actions (login required)

View Item View Item