Upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar Kitab Kuning di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi'iyah (Putra) tahun pelajaran 2008-2009

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Erfan, Erfan (2009) Upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar Kitab Kuning di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi'iyah (Putra) tahun pelajaran 2008-2009. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erfan_D51206207.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang: 1. Bagaimanakah upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar kitab kuning di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi'iyah (Putra) Sukorejo Situbondo tahun pelajaran 2008-2009? 2. Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar kitab kuning di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi'iyah (Putra) Sukorejo Situbondo tahun pelajaran 2008-2009? Dan hasil penelitian yang dilakukan, dengan berdasarkan fakta-fakta di lapangan dan analisis dari data-data yang dikumpulkan, upaya kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi belajar kitab kuning di Madrasah Ibtudaiyah Salafiyah Syafi'iyah (Putra) Sokorejo Situbondo tahun pelajaran 2008-2009 adalah melalui strategi pengembangan madrasah, yaitu: 1. Dalam rangka menciptakan pembelajaran yang efektif dan efesien, kepala madrasah melaksanakan fungsi manajerial dengan baik yakni melalui pengelolaan terhadap bidang kesiswaan, tenaga kependidilcan, kurikulum, sarana prasarana dan menjalin komunikasi dan koordinasi dengan masyarakat, instansi pemerintah dan swasta serta kontinyu melaksanakan evaluasi terhadap seluruh kegiatan dan program yang dilaksanakan di madrasah, terutama proses pembelajaran sebagai kegiatan utama di madrasah. Dalam hal ini kepala madrasah mengkoordinasikan, menggerakkan dan mendayagunakan semua sumber daya pendidikan yang tersedia dalam rangka meningkatkan mutu madrasahnya melalui managemen strategis dan pengaturan administrasi madrasah. 2. Dari faktor penduktmg dan penghambat upaya yang dilakukan kepala madrasah adalah meningkatkan kinerja tenaga pendidik, yaitu melalui berbagai upaya antara lain mengikutsertakan mereka dalam kegiatan pelatihan, dialog, seminar, MGMP, KKG dan melakukan kegiatan supervisi pendidikan.. Berbagai upaya tersebut sangat terkait dengan fungsi kepala madrasah sebagai supervisor.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Erfan, ErfanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Motivasi Belajar
Keywords: Kepala Sekolah; Kitab Kuning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 25 Jul 2019 02:08
Last Modified: 25 Jul 2019 02:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32777

Actions (login required)

View Item View Item