Pengaruh kepribadian Guru Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter siswa di MTS YPM 1 Wonoayu Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Raneesa, Darunee (2019) Pengaruh kepribadian Guru Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter siswa di MTS YPM 1 Wonoayu Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Darunee Raneesa_D41215115.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini berlatar belakang dari salah satu aspek penting yang mempengaruhi terhadap kesuksesan seorang guru dalam menjalankan tugasnya yaitu kepribadian. Kepribadian ini akan menentukan apakah seorang guru tersebut akan menjadi pendidik dan pembina yang baik bagi para siswanya atau akan menjadi penghancur atau perusak bagi hari depan siswantya. Faktor kepribadian guru tersebut sangat menentukan peranan bagi siswanya. Kita menyedar atau tidak bahwa kepribadian guru sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter siswa dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dapat ambil kesimpulan bahwa kepribadian guru sangatlah erat hubungannya dengan membentukan karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, jumlah populasi adalah pelajar kelas VIII di MTs YPM 1 Wonoayu Sidoarjo. Jumlah semuanya adalah 130 orang, dengan menggunakan teknik random sampling (sampel acak sedarhana) diambil 30% yaitu 39 siswa. Kemudian dianalisis dengan teknik pengumpulan data melalui angket yang berisi sejumlah penyataan tentang kepribadian guru dan pembentukan karakter siswa. Angket ini dibagikan kepada responden, jawaban angket tersebut dihitung dengan rumus prosentase kemudian menggunakan teknik regrasi liner sederhana seterunya diolah dan dijelaskan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) kepribadian guru di MTs YPM 1 Wonoayu Sidoarjo tergolong sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari analisis data yang menunjukkan nilai prosentase sebesar 86,6% yang berada diantara 75% - 100%; 2) pembentukan karakter siswa di MTs YPM 1 Wonoayu Sidoarjo tergolong sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari analisis data yang menunjukkan nilai prosentase sebesar 79,4% yang berada diantara 75% - 100%; 3) berdasarkan hasil analisis pengaruh kepribadian guru aqidahh akhlak dalam membentuk karakter siswa di MTs YPM 1 Wonoayu Sidoarjo menunjukkan bahwa hasil penelitian dari korelasi sebesar 0,677 yang berarti terdapat korelasi yang sedang. Yang terletak antara 0,40 – 0,70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kepribadian guru aqidah akhlak mempunyai pengaruh yang sedang dalam membentukan karakter siswa kelas VIII di MTs YPM 1 Wonoayu Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Raneesa, Daruneedaniru1367@gmail.comD41215115
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Alialimasud.kholqillah@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkizakkif@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kepribadian
Keywords: Kepribadian Guru; Guru Aqidah Akhlak; Pembentukan Karakter Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Raneesa Darunee
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:38
Last Modified: 31 Jul 2019 04:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32804

Actions (login required)

View Item View Item