Efektivitas Avalis pada calon nasabah pembiayaan terhadap pengembalian pembiayaan: Studi kasus Koperasi Syariah Harapan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novitasari, Cici (2019) Efektivitas Avalis pada calon nasabah pembiayaan terhadap pengembalian pembiayaan: Studi kasus Koperasi Syariah Harapan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cici Novitasari_G74215134.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Efektivitas Avalis pada Calon Nasabah Pembiayaan terhadap Kelancaran Pengembalian Pembiayaan di Koperasi Syariah Harapan Surabaya” ini membahas mengenai penerapan avalis dan efektivitas avalis pada calon nasabah pembiayaan terhadap kelancaran pengembalian pembiayaan di Koperasi Syariah Harapan Surabaya. Untuk menjawab masalah diatas penulis melakukan penelitian menggunakan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara bersama informan dalam penelitian ini yaitu anggota dan manajer dari Koperasi Syariah Harapan Surabaya dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpulakan di analisa dengan metode analisis dengan pola pikir deduktif untuk memperjelas kesimpulannya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa avalis dalam Koperasi Syariah Harapan Surabaya sudah efektif. Hal ini dibuktikan dengan pihak Koperasi Syariah Harapan Surabaya melakukan backlist kepada avalis dan nasabah pembiayaan yang menyebabkan tingkat pembiayaan bermasalah terus mengalami kenaikan. Kemudian pihak Koperasi Syariah Harapan Surabaya mencari avalis dan nasabah pembiayaan baru dengan harapan tingkat pembiayaan bermasalah mengalami penurunan. Setelah dilakukan backlist kepada avalis dan nasabah pembiayaan yang bermasalah, pada tahun 2017 tingkat pembiayaan bermasalah mengalami penurunan yaitu dengan NPF sebesar Rp. 123.000.000. kemudian pada tahun 2018 mengalami penurunan kembali yaitu dengan NPF sebesar Rp. 66.935.000. Sedangkan tingkat pembiayaan bermasalah terjadi kenaikan cukup signifikan yakni sebesar Rp. 182.931.950 dan turun menjadi Rp.123.000.000 pada tahun 2017. Pada tahun 2018 terjadi penurunan tingkat pembiayaan bermasalah kembali yakni sebesar Rp. 66.935.000. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa avalis pada Koperasi Syariah Harapan Surabaya sudah efektif karena avalis yang bertanggung jawab terhadap nasabah pembiayaan yang sedang dijamin, bersedia menyelesaikan sampai benar-benar selesai kewajiban si terjamin maupun membantu pihak koperasi untuk menagih dan memberikan informasi tentang si terjamin tersebut. Selain itu pihak Koperasi Syariah Harapan melakukan tindakan backlist kepada avalis dan nasabah pembiayaan yang bermasalah dan mencari avalis serta nasabah baru yang bertanggung jawab serta tidak bermasalah dalam pengembalian pembiayaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novitasari, Cicicicinovita3005@gmail.comG74215134
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafaq, HammisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Koperasi
Keywords: Efektivitas; Avalis; Pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Novitasari Cici
Date Deposited: 26 Jul 2019 08:52
Last Modified: 26 Jul 2019 08:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32816

Actions (login required)

View Item View Item