Pengaruh motivasi belajar siswa SLTP korban Lapindo terhadap prestasi belajar di perumahan Kahuripan Nirwana Kaupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imdawami, Annikma (2010) Pengaruh motivasi belajar siswa SLTP korban Lapindo terhadap prestasi belajar di perumahan Kahuripan Nirwana Kaupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annikma Imdawami_D01206194.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32821

Abstract

Dalam kehidupan, motivasi belajar merupakan salah satu unsur kekuatan yang dapat menentukan berhasil dan tidaknya prestasi belajar yang diperoleh oleh seorang siswa yang menjadi korban Lumpur lapindo. Oleh karena itu motivasi belajar didalam diri siswa hams ditingkatkan untuk mencapai prestasi belajar yang memuaskan. Betapa besar peranan motivasi belajar dalam mewujudkan program pendidikan maka sewajarnya siswa harus menumbuhkan sikap optimis yang tinggi, sehingga perlu diketahui Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa. Dengan diketahuinya hubungan tersebut maka para siswa akan memperhatikan sungguh-sungguh terhadap motivasi belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis mengambil obyek penelitian di perumahan Kahuripan Nirwana dimana tempat para korban Lumpur tinggal, untuk lebih menfokuskan lagi yaitu obyek utama adalah siswa sekolah menengah pertama (SMP/ SLTP). Adapun mengenai penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantatif dan kualitatif Data kualitatif adalah data yang berupa bukan angka, seperti pengertian motivasi, jenis-jenis motivasi. Sedangkan data kuantitatif ialah data yang berupa angka, contohnya data prestasi siswa. Data kualitatif, penulis gambarkan dengan kata-kata I ka1imat dipisah­ pisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. sedemikian rupa, sehingga kata-kata atau kalimat data tersebut diketahui maknanya dengan baik. Dengan analisa pokok digunakan metode statistik, metode tersebut penulis pergunakan untuk menganalisa data-data kuantitatif, penulis menggunakan teknik koefisien korelasi product moment. Dengan memeriksa tabel "r" product moment teryata dengan dk sebesar 33 pada taraf signifikasi 1 % = 0,456 atau 5 % = 0,355 berarti ro >rt, maka konsekuensinya (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Jadi kesimpulannya adalah tada pengaruh motivasi belajar korban lapindo terhadap indeks prestasi belajar di Perumahan Kahuripan Nirwana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imdawami, Annikmadigilib@uinsby.ac.idD01206194
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamid, A.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Motivasi belajar; korban Lapindo; prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Jul 2019 07:49
Last Modified: 26 Jul 2019 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32821

Actions (login required)

View Item View Item