Da’i Diskotik: Dakwah Gus Miftah di tempat Hiburan Malam Yogyakarta

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kosmawijaya, Trisno (2019) Da’i Diskotik: Dakwah Gus Miftah di tempat Hiburan Malam Yogyakarta. Masters thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Trisno Kosmawijaya_F02717235.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masyarakat objek dakwah bukanlah masyarakat homogen melainkan masyarakat pluralis yang terdiri dari perbedaan suku, agama, rasa dan budaya. Fenomena yang terjadi saat ini adalah munculnya Gus Miftah yang berani tampil berdakwah ditempat yang bisa dikatakan tidak lazim dilakukan oleh kebanyakan da‟i, yaitu berdakwah ditempat hiburan malam seperti diskotik, café, bar, dan sebagainya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari jawaban tentang bagaimana Gus Miftah beradaptasi, berinteraksi, dan memaknai realitas sosial para pekerja diskotik sebagai objek dakwah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teori konstruksi sosial Berger dan Luckmann. Menurutnya, konstruksi sosial terhadap realitas dapat terjadi melalui tiga proses simultan, yaitu eksternalisasi, obyektivasi dan internalisasi. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam terhadap informan. Hasil penelitian menemukan bahwa, konstruksi sosial dakwah Gus Miftah terdapat 3 temuan: (1) Eksternalisasi atau Adaptasi Diri terdiri dari dua tahap: a. Gus Miftah mulai mengawali dakwahnya dan beradaptasi di lokalisasi Pasar Kembang di Yogyakarta. b. Proses adaptasi dakwah di diskotik yang tidak membutuhkan waktu lama karena Gus Miftah sudah terkenal dikalangan pekerja hiburan malam dan preman di Yogyakarta. (2) Objektivasi atau interaksi sosial terdiri dari tiga tahap a. sosialisasi yaitu dengan meminta izin kepada pihak manajemen diskotik, selain itu sepak terjang dakwah Gus Miftah yang sering keluar masuk ditempat hiburan malam. b. legitimasi atau pengakuan dari pihak manajemen serta para pekerja hiburan malam menyatakan bahwa Gus Miftah adalah sosok da‟i diskotik yang mampu memahami kondisi mereka. c. institutionalized atau proses kelembagaan fungsi dalam masyarakat, yaitu terjadi kesepakatan bahwa kedatangan Gus Miftah bukan sebagai penceramah atau pendakwah sehingga istilahnya bukan dakwah tetapi mengaji bersama. (3) Gus Miftah memaknai realitas sosial para pekerja hiburan malam bukan untuk dihindari dan dijauhi akan tetapi sebagai objek dakwah yang membutuhkan pengarahan dan ajaran agama, hal ini tentunya tidak lepas dari ajaran Sunan Drajat yaitu berikanlah baju kepada orang yang telanjang, berikanlah tongkat kepada orang buta, menyapu itu ditempat yang kotor, menyalakan lampu itu ditempat yang gelap.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kosmawijaya, Trisnotrisnokosmawijaya32@gmail.comF02717235
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Abdulabdulmuhid@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah - Lokalisasi
Dakwah > Dakwah, Strategi
Keywords: Dakwah; Diskotik; Konstruksi Sosi
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Kosmawijaya Trisno
Date Deposited: 30 Jul 2019 04:58
Last Modified: 30 Jul 2019 04:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32828

Actions (login required)

View Item View Item