Pengaruh tekanan publik terhadap pengungkapan laporan tanggung jawab sosial perusahaan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wicaksono, Achmad Fikri (2019) Pengaruh tekanan publik terhadap pengungkapan laporan tanggung jawab sosial perusahaan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Fikri Wicaksono_G02215007.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Tekanan Publik Terhadap Pengungkapan Laporan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan”. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tekanan publik terhadap pengungkapan laporan tanggung jawab sosial perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017 dengan jumlah 196 perusahaan manufaktur. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling untuk memperoleh sampel penelitian yaitu sebanyak 111 perusahaan manufaktur. Penelitian ini menggunakan teknik regresi linier berganda untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tekanan publik yang diukur melalui ukuran perusahaan dan tipe industri memiliki pengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Laporan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017 yang dapat ditunjukkan dari nilai signifikansi Ukuran Perusahaan = 0,003 dan nilai signifikansi Tipe Industri = 0,000 dan nilai signifikansi simultan = 0,000. Dari hasil penelitian Adjusted R^2 sebesar 36,3% variasi pengungkapan tanggung jawab sosial yang dapat dijelaskan oleh variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan pada penelitian. Diharapkan bagi perusahaan untuk meningkatkan bentuk tanggung jawab sosial dan untuk pemerintah sebaiknya memutuskan peraturan yang bersifat mandatory mengenai pengungkapan laporan tanggung jawab sosial perusahaan serta memberikan pedoman mengenai isi konten dari pengungkapan laporan tanggung jawab sosial perusahaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wicaksono, Achmad Fikriachmad.fikri619@gmail.comG02215007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGati, Vidiavidiagatira@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akuntansi
Keywords: Tekanan publik; Ukuran perusahaan; Tipe industri; Tanggung jawab sos
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Wicaksono Achmad Fikri
Date Deposited: 29 Jul 2019 02:16
Last Modified: 29 Jul 2019 02:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32835

Actions (login required)

View Item View Item