Etos Kerja Islam dalam meningkatkan keberhasilan usaha: studi kasus Pedagang Muslim Arab di Pasar Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Akhsan, Aziz Maulana (2019) Etos Kerja Islam dalam meningkatkan keberhasilan usaha: studi kasus Pedagang Muslim Arab di Pasar Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aziz Maulana Akhsan_G74215132.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Etos Kerja Islam dalam Meningkatkan Keberhasilan Usaha (Studi Kasus Pedagang Muslim Arab di Pasar Ampel Surabaya” ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana implementasi etos kerja Islam pada pedagang muslim Arab Pasar Ampel Surabaya, serta bagaimana dampak implementasi etos kerja Islam terhadap keberhasilan usaha mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan melibatkan lima pedagang muslim Arab PasarAmpel Surabaya sebagai objek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi serta pengolahan data dengan cara editing, organizing, dan Analizing. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) secara umum pemahaman akan etos kerja pedagang muslim Arab Pasar Ampel Surabaya telah sesuai dengan ciri-ciri etos kerja Islam. Tetapi dalam segi praktik atau implementasinya tidak semua sesuai dengan ciri-ciri etos kerja Islam, khusunya sebagian besar dari mereka mereka belum memiliki kreativitas, orientasi pada masa depan dan mental siap bertanding.sehingga usaha mereka cenderung konservatif. 2) Adapun pedagang yang memiliki pemahaman dan praktik yang sesuai dengan ciri-ciri etos kerja Islam mengalami keberhasilan usaha pada bisnis yang dijalankan. Saran penulis untuk pedagang muslim Arab di pasar Ampel Surabaya, untuk terus meningkatkan kompetensi, inovasi dan kesiapan mental bertanding (Fastabiqul Khairat) dalam menjalankan usahanya, agar dapat bersaing dengan pedagang yang lain sehingga mengalami keberhasilan dalam usaha yang digeluti. Serta diharapakan juga bagi seluruh pedagang secara umum dapat memgambil sisi positif dari etos kerja etnis Arab Pasar Ampel Surabaya untuk dapat diterapkan pada usaha masing-masing sehingga dapat mengalami keberhasilan usaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Akhsan, Aziz Maulanaazizsawoo@gmail.comG74215132
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurhayati, NurhayatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Etos Kerja
Keywords: Etos Kerja Islam; Konservatif; Keberhasilan Usaha
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Akhsan Aziz Maulana
Date Deposited: 29 Jul 2019 02:08
Last Modified: 29 Jul 2019 02:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32853

Actions (login required)

View Item View Item