Penggunaan Algoritma Branch And Bound untuk optimasi jalur distribusi Beras Sejahtera (RASTRA) pada Perum Bulog Divisi Regional Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusumaningayu, Shintya Devi (2019) Penggunaan Algoritma Branch And Bound untuk optimasi jalur distribusi Beras Sejahtera (RASTRA) pada Perum Bulog Divisi Regional Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL.

[img] Text
Shintya Devi Kusumaningayu_H72215032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Proses distribusi RASTRA dilakukan dari gudang BULOG dan dikirim menuju Rumah Tangga Sejahtera (RTS) di masing-masing desa. Perum Bulog melaksanakan pengiriman RASTRA ke RTS berdasarkan data pagu penerima bantuan RASTRA yang dikeluarkan Kementerian Sosial. Perum BULOG dapat mengirim bantuan RASTRA setelah mendapatkan surat perintah pengiriman dan data pagu penerima bantuan RASTRA yang telah di verifikasi dan di validasi. Jika daerah tersebut mengalami kendala atau ada perubahan data pagu, maka Perum BULOG tidak dapat mengirimkan RASTRA ke daerah tersebut. Pada Kabupaten/Kota yang mengalami penundaan jadwal pengiriman membuat Perum BULOG harus melakukan pengiriman yang cepat dan tepat sasaran sebelum batas waktu pengiriman RASTRA yaitu tanggal 25 setiap bulannya. Sehingga kecepatan dalam pengiriman menjadi masalah krusial yang harus diperhatikan oleh BULOG. Dalam rangka mempercepat pengiriman tentunya tidak terlepas dari pemilihan rute pengiriman agar didapatkan jarak tempuh yang terpendek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari jarak optimal pengiriman RASTRA dalam wilayah penyaluran RASTRA Jawa Timur yaitu pada gudang SubDivre Surabaya Selatan dan SubDivre Jember. Pada penelitian ini data yang diperoleh akan dihitung dengan metode Algoritm Branch and Bound. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode ini dapat menemukan solusi jarak tempuh pengiriman yang optimal, hal ini ditunjukkan dari hasil penghematan total jarak pada masing-masing SubDivre yaitu sebesar 151 km untuk SubDivre Surabaya Selatan (Kabupaten Mojokerto) dan 17 km untuk SubDivre Surabaya Selatan (Kabupaten Jombang), serta untuk SubDivre Jember sebesar 472 km. Jarak tempuh yang optimal dapat memungkin terjadinya penghematan pada waktu pengiriman dan biaya tempuh dari gudang ke lokasi RTS.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusumaningayu, Shintya Devishintyadevi282@gmail.comH72215032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarida, Yuniargreatyuniar@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorFanani, Arisarisfa@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Beras Sejahtera (RASTRA); Optimasi Jarak; Algoritm Branch and Bound
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Kusumaningayu Shintya Devi
Date Deposited: 30 Jul 2019 02:08
Last Modified: 30 Jul 2019 02:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32866

Actions (login required)

View Item View Item