Perbandingan Fungsi Pembobot pada model Geographically Weighted Negative Binomial Regression (GWNBR) dalam kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Wardatul (2019) Perbandingan Fungsi Pembobot pada model Geographically Weighted Negative Binomial Regression (GWNBR) dalam kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wardatul Maghfiroh_H72215034.pdf

Download (3MB)

Abstract

Menurut Data dan Informasi Kesehatan Indonesia, Jawa Timur merupakan provinsi kedua di Pulau Jawa dengan kasus DBD tertinggi. Dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, Kabupaten Mojokerto termasuk dalam peringkat ke-4 tertinggi. Setiap tahun jumlah kasus DBD di kabupatentersebut semakin meningkat. Hal tersebut mereprentasikan bahwa masih banyak ditemukan vektor penular DBD di sekitar rumah penduduk. Agar menanggulangi kasus DBD, maka perlu diketahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pada penelitian ini dilakukan pemodelan jumlah kasus DBD menggunakan metode Geographically Weighted Binomial Negative Regression (GWNBR). Dalam memodelkan menggunakan GWNBR diperlukan matriks pembobot. Untuk membentuk matriks pembobot diperlukan suatu fungsi pembobot. Pada penelitian ini membandingkan 6 jenis fungsi pembobot yang berbeda. Enam fungsi pembobot tersebut adalah fixed bi-square, fixed gaussian, fixed tricube, adaptive bi-square, adapative gaussian, dan adaptive tricube. Dalam membandingkan hasil model GWNBR dengan enam jenis fungsi pembobot yang berbeda digunakan nilai devians. Nilai devians paling kecil terdapat pada model GWNBR dengan fungsi fixed gaussian kernel, maka model dengan fungsi tersebut merupakan model yang paling baik. Hasil dari pemodelan dengan fungsi fixed gaussian kernel didapatkan 2 pengelompokkan berdasarkan variabel yang signifikan berpengaruh. Variabel yang berpengaruh signifikan pada setiap kecamatan di Kabupaten Mojokerto adalah variabel presentase rumah bebas jentik nyamuk Aedes, kepadatan penduduk, rasio tenaga medis (dokter umum), dan presentase rumah tangga berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Wardatulwardamaghfiroh19.04@gmail.comH72215034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNovita, Dian Candra Rinidiancrini@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorIntan, Putroue Keumalaputroue@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: DBD; Geographically Weighted Binomial Negative Regression; fungsi pembobot
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Maghfiroh Wardatul
Date Deposited: 30 Jul 2019 02:17
Last Modified: 30 Jul 2019 02:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32870

Actions (login required)

View Item View Item