Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI: studi kasus pada full day school SD Wachid Hasyim Surabaya dan SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munawaroh, Nur Fajriyatul (2019) Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI: studi kasus pada full day school SD Wachid Hasyim Surabaya dan SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Fajriyatul Munawaroh_F12316252.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini mengkaji tentang Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI (Studi Kasus Pada Full Day School SD Wachid Hasyim Surabaya dan SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya). Latar belakang penelitian ini adalah strategi pembelajaran yang selama ini peserta didik duduk pasif mendengarkan guru berceramah. Hal ini membuat peserta didik bosan, sehingga motivasi belajar peserta didik rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) pada mata pelajaran PAI, upaya peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) pada mata pelajaran PAI dan faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan strategi pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) di SD Wachid Hasyim Surabaya dan SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitan jenis kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus pada sekolah berbasis Islam. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi strategi PAIKEM sudah dilaksanakan dengan baik, hal ini dilihat dari perencanaan melalui perangkat pembelajaran dan pelaksanaan strategi PAIKEM dilakukan dengan diskusi aktif, memberikan kesempatan untuk menjawab dan berpendapat, siswa dapat menghasilkan karya, interaktif, menarik, dan menyenangkan. (2) upaya peningatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan ice breaking, pujian, reaward, ulangan, mengupgread guru, belaajar diluar kelas dan memberikan model dan strategi PAIKEM yang bervariasi.(3) Faktor pendukung dalam menerapkan strategi PAIKEM yaitu guru membuat perangkat pembelajaran, keikutsertaan peserta didik sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat mushallah yang belum ada dan alokasi waktu yang kurang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munawaroh, Nur Fajriyatulnurfajriyatul1994@gmail.comF12316252
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi PAIKEM; Motivasi Belajar; Faktor pendukung dan penghambat PAIKEM
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munawaroh Nur Fajriyatul
Date Deposited: 06 Aug 2019 09:12
Last Modified: 06 Aug 2019 09:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32876

Actions (login required)

View Item View Item