Penerapan Full Day School dalam membentuk karakter siswa: studi multi situs pada Sekolah Dasar Muhammadiyah 24 Ketintang dan Sekolah Dasar Khadijah Pandegiling Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hermanto, Hermanto (2019) Penerapan Full Day School dalam membentuk karakter siswa: studi multi situs pada Sekolah Dasar Muhammadiyah 24 Ketintang dan Sekolah Dasar Khadijah Pandegiling Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hermanto_F12317293.pdf

Download (4MB)

Abstract

SD Khodijah Pandegiling dan SD Muhammadiyah 24 Surabaya adalah sekolah yang telah menerapkan program full day school sebagai jalan memaksimalkan pembentukan karakter siswa. Hal ini menarik peneliti untuk melakukan kajian terhadap kedua sekolah tersebut, sejuah mana efektifitas pembentukam karakter siswa melalui program full day school serta model karakter seperti apa yang terbentuk pada diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik dalam melakukan penggalian data di lapangan, sedangkan untuk teknik analisa data, peneliti menggunakan model tri anggulasi untuk memperoleh akurasi data sebelum ditarik pada kesimpulan. Dari hasil penelitian di lapangan, ditemukan bahwa ada 5 model karakter yang terbentuk melalui program full day school, yakni pembentukan karakter keagamaan yang diaplikasikan melalui peningkatan keimanan dan ketaqwaan pada Allah, serta taat pada orang tua, taat pada guru dan sayang terhadap sesama siswa, pembentukan karakter pribadi yakni bersikap disiplin, jujur dan tanggung jawab, pembentukan karakter nilai dalam hubungannya dengan sesama yakni berbagi dengan sesama serta peduli terhadap korban bencana, pembentukan karakter peduli terhadap lingkungan sekitar yakni tidak membuang sampah sembarangan serta melakukan penghijauan di lingkungan sekolah, serta pembentukan nilai karakter cinta tanah air yang diaplikasikan melalui pengajahalan siswa terhadap tokoh-tokoh nasionalis, serta budaya dan tradisi bangsa. Selain itu dalam upaya menerapkan full day school ini terdapat kekurangan seperti sistem day school seringkali menimbulkan rasa bosan pada siswa, namun terdapat kelebihan dalam program full day school yakni sistem full day school lebih memungkinkan terwujudnya pendidikan yang utuh, sistem full day school terbukti efektif dalam mengaplikasikan kemampuan bakat minat siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hermanto, Hermantohermantoasnawi1@gmail.comF12317293
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRubaidi, Rubaidiubeduinsby@gmail.com2010067101
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Full day school; Karakter siswa
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 31 Jul 2019 03:20
Last Modified: 10 Sep 2020 13:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32889

Actions (login required)

View Item View Item