Peningkatan citra lembaga melalui peran komite sekolah di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Roudlotul Ulum Kebonsari Candi Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Lailatur (2019) Peningkatan citra lembaga melalui peran komite sekolah di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Roudlotul Ulum Kebonsari Candi Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatur Rohmah_D93215074.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengangkat judul tentang Peningkatan Citra Lembaga melalui Peran Komite Sekolah di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Roudlotul Ulum Kebonsari Candi Sidoarjo. Hal tersebut dilatar belakangi oleh kurang baiknya citra lembaga MI Roudlotul Ulum yang disebabkan belum adanya prestasi atau keberhasilan yang gemilang. Sehingga perlu adanya peningkatan citra melalui peran komite sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan citra lembaga di MI Roudlotul Ulum Kebonsari Candi Sidoarjo, peran komite sekolah di MI Roudlotul Ulum Kebonsari Candi Sidoarjo dan peningkatan citra lembagga melalui peran komite sekolah di MI Roudlotul Ulum Kebonsari Candi Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah dan ketua komite sekolah MI Roudlotul Ulum Kebonsari Candi Sidoarjo sebagai informan kunci. Obyek penelitian ini adalah peningkatan citra lembaga melalui peran komite sekolah. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Citra Lembaga di MI Roudlotul Ulum dianggap baik karena mendapat respon baik dari wali murid dan masyarakat. Namun, masih banyak masyarakat yang belum mempercayakan putra-putrinya untuk sekolah di MI Roudlotul Ulum. Hal itu dikarenakan kurangnya prestasi dan keterbatasan sarana prasarana (2) Peran komite sekolah di MI Roudlotul Ulum sangat baik. Komite sekolah membantu dalam hal tenaga, pikiran maupun segi finansial. Program yang dimiliki oleh komite sekolah MI Roudlotul Ulum yaitu rapat tri wulan untuk melakukan perencaan kegiatan maupun evaluasi program. (3) Peningkatan citra lembaga di MI Roudlotul Ulum dilakukan dengan cara menjalin silahturahmi dan komunikasi yang baik kepada seluruh komponen yang berkaitan dengan suatu satuan pendidikan; merancang program-program sekolah berbasis religi; turut aktif berpartisipasi dalam kegiatan atau event yang diselenggarakan oleh PPAI, Pengurus MWC NU, dll; mengadakan ekstrakurikuler yang menarik; mengadakan study tour atau belajar di luar sekolah; menciptakan inovasi-inovasi terbaru dalam proses pembelajaran; dan melakukan promosi atau publikasi. Semua usaha tersebut tidak luput dari peran komite sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Lailaturlailaturrohmah343@gmail.comD93215074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
TeacherMukhlishah AM, Mukhlishah AMmukhlishah.bki@gmail.comUNSPECIFIED
TeacherSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan
Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Citra Lembaga: Peran Komite Sekolah: Peningkatan Citra Lembaga
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rohmah Lailatur
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:21
Last Modified: 01 Aug 2019 04:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32894

Actions (login required)

View Item View Item