Analisis Maslahah Mursalah terhadap program Multi Level Marketinggenerasi Berencana (MLM Genre) Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan di Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Murti, Fitrya Dwi (2019) Analisis Maslahah Mursalah terhadap program Multi Level Marketinggenerasi Berencana (MLM Genre) Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan di Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitrya Dwi Murti_C91215052.pdf

Download (886kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berjudul “Analisis Maslahah Mursalah terhadap Program Multi Level Marketing Generasi Berencana (MLM Genre) Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayan Parempuan di Kabupaten Pasuruan”. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai Bagaimana deskripsi pelaksanaan program Multi Level Marketing Generasi Berencana (MLM Genre) Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan di Kabupaten Pasuruan ? dan Bagaimana analisis maslahah mursalah terhadap Program Multi level Marketing Generasi Berenca (MLM Genre) Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan di Kabupaten Pasuruan ? Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif yang teknik pengumpulan datanya adalah dokumentasi dan wawancara. Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya disusun dan dianalisis mengunakan deskriptif analisis dengan pola pikir induktif bertujuan menggambarkan dan menjelaskan secara sistematik mengenai program Multi Level Marketing Generasi Berencana (MLM Genre) Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan di Kabupaten Pasuruan yang kemudian dianalisis dalam perspektif maslahah mursalah. Hasil penelitian mengenai program MultiLevel Marketing Generasi Berencana (MLM Genre) yang diselenggarakan oleh Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Pasuruan dapat disimpulkan: pertama, dalam pelaksanaanya belum terlaksana dengan baik karena yang seharusnya program tersebut dilaksanakan di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Pasuruan yang mana sejumlah dua puluh empat Kecamatan, namun untuk saat ini masih berjalan di lima kecamatan saja, selain itu kurangnya kesadaran masyarakat Pasuruan untuk berpartisipasi dalam menjalankan program tersebut . Kedua, program Multi Level Marketing Generasi Berencana yang diselenggarakan oleh Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Pasuruan dilihat dari segi kegiatan maupun dari materi yang disampaikan oleh Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Pasuruan memberikan manfaat bagi remaja dan masyarakat sekitarnya yang akan melangsungkan pernikahan telah memenuhi syarat-syarat maslahah mursalah yaitu tidak bertentangan dengan nash atau dalil-dalil qath’i, bersifat nyata, bersifat umum, dan memiliki banyak kemaslahatan. Sesuai dengan kesimpulan di atas, maka Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan disarankan dapat mengoptimalkan program tersebut disetiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Pasuruan, serta lebih sering melakukan sosialisasi agar muncul kesadaran masyarakat untuk mengikuti program tersebut. Serta Dinas Keluarga Berenca dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Pasuruan dan lain daerah dapat meningkatkan kerjasama sehingga dapat menerapkan program tersebut di daerah-daerah lain, menginggat banyaknya kasus pernikahan dini di Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Murti, Fitrya Dwidwimurtifitrya@gmail.comC91215052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChudlori, M. Zayinzayinch@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perkawinan
Keywords: Maslahah Mursalah; program Multi Level Marketinggenerasi Berencana (MLM Genre)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Murti Fitrya Dwi
Date Deposited: 31 Jul 2019 01:59
Last Modified: 31 Jul 2019 01:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32896

Actions (login required)

View Item View Item