KOMUNIKASI DINAS KOPERASI DAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH KOTA SURABAYA UNTUK PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) 2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haq, Arinal (2015) KOMUNIKASI DINAS KOPERASI DAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH KOTA SURABAYA UNTUK PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) 2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (766kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

Ada satu persoalan yang hendak dikaji dengan dua fokus penelitian dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana proses komunikasi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kota Surabaya untuk pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menghadapi Masayarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 (2). Bagaimana pola komunikasi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kota Surabaya untuk pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menghadapi Masayarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.
Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai komunikasi yang dilakukan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil danMenengah Kota Surabaya untukpemberdayaan UMKM dalammenghadapi MEA2015, kemudian data tersebut dianalisis dengan teori Difusi Inovasi dari Everett M. Roggers dan Teori komunikasi S-M-C-R.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) proses komunikasi untuk pemberdayaan UMKM yang dilakukan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam menghadapi Mea 2015 melalui tahapan-tahapan komunikasi musyawarah pada tahapan pra perencanaan, komunikasi top down pada perencanan, pendampingan dan seminar dengan materi pesan bertemakan MEA 2015 pada tahap pelaksanaan dan monitoring pada tahap evaluasi (2) sedangkan pola komunikasi yang ditemukan pada penelitian ini adalah pola yang menunjukkan model komunikasi linier dan model komunikasi sirkuler.
Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peningkatan kualitas kerja Dinas Koperasi dan Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah Kota Surabaya dan kualitas produksi UMKM adalah (1) untuk Dinas, melakuakan program pemberdayaan yang lebih intens, memperluas jaringan stakeholders yang dapat berkontribusi dalam pemberdayaan UMKM (2) untuk pelaku UMKM, meningkatkan kualitas produksi dengan mengikuti inovasi-inovasi yang telah didapatkan dalam program pemberdayaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Agoes Moh. Moefad
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haq, ArinalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Investasi
Keywords: Komunikasi untuk Pemberdayaan UMKM, UMKM dalam menghadapi MEA 2015
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr. Suprapto Suprapto
Date Deposited: 14 Jan 2016 15:45
Last Modified: 18 Jan 2016 14:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3292

Actions (login required)

View Item View Item