Kontekstualisasi ayat-ayat kesetaraan Gender: studi penafsiran Adabi Ijtima'i dalam tafsir al Misbah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafisah, Nafisah (2019) Kontekstualisasi ayat-ayat kesetaraan Gender: studi penafsiran Adabi Ijtima'i dalam tafsir al Misbah. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nafisah_E03215037.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah-satu corak tafsir yang mengungkap keindahan gaya bahasa alqur’an adalah tafsir Adabi Ijtima’i. Selain itu tafsir yang bercorak ini juga dikenal dengan tafsir mencoba mengungkap kejadian-kejadian di masyarakat yang singkron terhadap apa yang sudah dijelaskan di dalam al-Qur’an. Diantara dari beberapa dari sekian banyak tafsir yang bercorak Adabi Ijtima’i yang pernah muncul dalam mozaik tafsir , khususnya di Indonesia adalah “Tafsir al-Misbah” karya Muhammad Quraish Shihab. Fokus kajian penelitian ini adalah mengenai pandangan-pandangan M. Quraish Shihab dan penafsiran Adabi Ijtima’i M. Quraish Shihab yang ditampilkan dalam tafsirnya. Penelitian ini dilakukan untuk memotret posisi M. Quraish Shihab dalam perdebatan Seputar kesetaraan gender dan pengaplikasian penafsiran adabi ijtima’i M. Quraish Shihab dalam karya tafsirnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-analitis dan metode maudhu’i serta menggunakan pendekatan historis-filosofis. Pendekatan historis dimaksudkan untuk menelusuri kehidupan sosial karir dan pendidikan M. Quraish Shihab. Sedangkan pendekatan filosofis diharapkan mampu menguraikan dan menjelaskan tentang kesetaraan gender dalam al-Qur’an dan kesetaraan gender dalam pandangan tokoh-tokoh baik tokoh-tokoh tafsir maupun tokoh-tokoh lainya,termasuk kesetaraan gender dalam pandangan M. Quraish shihab serta pengaplikasian penafsiran Adabi Ijtima’inya M. Quraish Shihab dalam tafsir al-Misbah.
Kata kunci: Gender, M. Quraish Shihab, dan Tafsir al-Misbah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafisah, Nafisahdurrotunnafisah@gmail.comE03215037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBilla, MutamakinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorTardho, Moh.myardho@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Gender
Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Gender; M. Quraish Shihab; Tafsir al Misbah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Nafisah Nafisah
Date Deposited: 01 Aug 2019 03:55
Last Modified: 01 Aug 2019 03:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32952

Actions (login required)

View Item View Item