Evaluasi Sistem Akuntansi Pembelian di PT. Kualita Media Tama Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mauludina, Linda (2019) Evaluasi Sistem Akuntansi Pembelian di PT. Kualita Media Tama Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Linda Mauludina_G72215032.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Evaluasi Sistem Akuntansi Pembelian di PT. Kualita Media Tama Surabaya”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang penerapan sistem akuntansi pembelian di PT. Kualita Media Tama Surabaya dan evaluasi sistem akuntansi pembelian di PT. Kualita Media Tama Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem akuntansi pembelian di PT. Kualita Media Tama masih terdapat kelemahan. Fungsi pembelian terdiri dari logistik, procurement, keuangan, akuntansi. Dalam fungsi yang terkait sistem pembelian masih terdapat perangkapan antara bagian pembelian dan penerimaan. Prosedur yang dimiliki sanghat membantu kelancaran kegiatan pembelian namun masih belum dijalankan secara konsisten. Dokumen yang digunakan meliputi SPPB, PO, formulir pengajuan biaya operasional, BPB, surat jalan, invoice. Akan tetapi, tidak ada tembusan surat PO untuk bagian gudang. Tugas pembuatan dokumen bukti penerimaan barang juga masih dilakukan oleh bagian gudang yang tidak seharusnya melakukan tugas itu. Catatan akuntansi yang digunakan diantaranya rekap pemblian, jurnal pembelian, dan kartu stock barang. Perusahaan tidak menggunakan kartu utang sebagai buku pembantu utang. Dalam hal ini, pengendalian internal perusahaan juga masih lemah. Saran yang dapat diberikan adalah menaati prosedur yang telah dibuat, dilakukan pemisahan tugas antara bagian pembelian dan penerimaan, pembuatan bukti penerimaan barang diserahkan kepada fungsi penerimaan. membuat tembusan surat PO untuk fungsi gudang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mauludina, Lindalindamauludina1997@gmail.comG72215032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTantriana, Deasydeasy@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Akuntansi
Keywords: Sistem; sistem akuntansi; sistem akuntansi pembelian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Mauludina Linda
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:35
Last Modified: 05 Aug 2019 04:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32958

Actions (login required)

View Item View Item