Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk mengatasi inferiority pada seorang anggota Komunitas Keluarga Mahasiswa Blitar di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Miftahudin, Achmad (2019) Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk mengatasi inferiority pada seorang anggota Komunitas Keluarga Mahasiswa Blitar di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Miftahudin_B53215041.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana Proses Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Mengatasi Inferiority Pada Seorang Anggota Komunitas Keluarga Mahasiswa Blitar Di Surabaya (2) Bagaimana hasil Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Mengatasi Inferiority Pada Seorang Anggota Komunitas Keluarga Mahasiswa Blitar Di Surabaya. Dalam menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan metode kualitatif komparatif dengan model penelitian studi kasus. Penelitian ini membandingkan antara keadaan konseli sebelum mendapatkan konseling dan setelah mendapatkan konseling. Hasil konseling rational emotive behavior therapy (rebt) untuk mengatasi inferiority pada seorang anggota komunitas keluarga mahasiswa Blitar di Surabaya dengan teknik dispute cognitive, self control, dan pekerjaan rumah ini digunakan untuk mengatasi pikiran negatif terhadap diri konseli sendiri dikarenakan rasa iri hati terhadap keberhasilan temannya. Setelah mendapatkan terapi terdapat 3 dari 5 gejala yang dapat berkurang. Meskipun beberapa kali pikiran negatif berupa inferiority itu muncul namun menurut konseli dia sudah tidak terlalu memikirkannya. Ada kalanya dia masih terpengaruh oleh pikiran negatifnya ada kalanya konseli sudah menganggapnya seperti hal yang biasa dan tidak terlalu dipikirkan. Berdasarkan gejala yang telah berkurang maka hasilnya dapat dikatakan cukup berhasil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Miftahudin, Achmadmieftachachmad99@gmail.comB53215041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHana, Rudy AlUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi Sosial
Keywords: Rational Emotive Behavior Therapy; Inferiority
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Miftahudin Achmad
Date Deposited: 31 Jul 2019 07:16
Last Modified: 31 Jul 2019 07:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32972

Actions (login required)

View Item View Item