Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam meningkatkan kinerja pegawai pada Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren di Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syarifah, Nikhlatus (2019) Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam meningkatkan kinerja pegawai pada Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren di Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nikhlatus Syarifah_D93215049.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Standar Operasional Prosedur dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai pada Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) di Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai penerapan standar operasional dalam meningkatkan kinerja pegawai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan di lapangan menunjukkan bahwa Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan tahapan-tahapan dalam melaksanakan kegiatan sesuai dengan aturan yang digunakan. SOP yang ada di PD Pontren sengaja dirancang untuk memenuhi tahapan kegiatan yang diinginkan skateholder sehingga pelaksanaan kegiatan tersebut akan berjalan sebagaimana mestinya. Penerapan SOP yang sesuai dengan prosedur akan berdampak pada peningkatan kinerja pegawai. Hal tersebut dapat dilihat dari tingkat kepuasan pelanggan serta dari dokumen Sasaran Kinerja Pegawai (SKP). Dokumen SKP ini berisi penilaian kinerja yang dilakukan pegawai dalam satu tahun. Kinerja sendiri dapat diartikan sebagai pekerjaan yang dilakukan sehari-hari yang harus dikerjakan secara maksimal untuk mencapai hasil yang di targetkan. SOP yang telah disusun diimplementasikan ke semua seksi yang ada di Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya namun SOP yang telah dibuat tidak langsung bisa diterapkan karena SOP juga bisa memiliki kekurangan oleh sebab itu diperlukan adanya pembaharuan karena SOP yang digunakan sekarang belum tentu bisa di gunakan di masa yang akan datang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syarifah, Nikhlatusnikhlatussyarifah@gmail.comD93215049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFanani, AZhazfanus21@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilreal_bjn80@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Sumber Daya Manusia
Keywords: SOP; Kinerja pegawai; SKP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Syarifah Nikhlatus
Date Deposited: 02 Aug 2019 08:50
Last Modified: 02 Aug 2019 08:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32976

Actions (login required)

View Item View Item