Peningkatan pemahaman Tema Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku menggunakan strategi Role Playing pada siswa Kelas I MI Badrussalam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Vonni, Yuniar Saraswati (2019) Peningkatan pemahaman Tema Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku menggunakan strategi Role Playing pada siswa Kelas I MI Badrussalam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vonni Yuniar Saraswati_D97215080.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh strategi role playing terhadap peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran tematik tema benda, hewan dan tanaman di sekitarku kelas I MI Badrussalam. Dilihat dari hasil pra siklus, pemahaman siswa pada materi ini rendah, hanya ada 13 siswa yang tuntas sedangkan 17 siswa lainnya masih mendapat nilai di bawah KKM. oleh karena itu peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan strategi role playing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi role playing dalam peningkatan pemahaman tema benda, hewan dan tanaman di sekitarku pada siswa kelas I MI Badrussalam Surabaya ? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman tema benda, hewan, dan tanaman di sekitarku melalui strategi role playing di siswa kelas I MI Badrussalam Surabaya ? Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, yakni siklus I dan siklus II, dimana setiap siklusnya mempunyai empat tahapan yaitu perencanaa, tindakan, observasi, refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas I MI Badrussalam Surabaya yang terdiri dari 30 siswa. Data penelitian diperoleh dari wawancara, tes dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi role playing berjalan baik melalui perbaikan pada refleksi di setiap siklus. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil peningkatan aktivitas guru dan akttivitas siswa dari siklus I ke siklus II . Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I 89,47 meningkat pada siklus II menjadi 94,73. Perolehan hasil observasi siswa pada siklus I yaitu 92,10 meningkat pada siklus II menjadi 94,73. 2) Data hasil belajar menunjukkan peningkatan pemahaman siswa pada pra siklus memperoleh persentase hasil belajar 43,33% dengan rata-rata 69,16, pada siklus I memperoleh hasil belajar 70% dengan rata-rata 77,03 dan siklus II memperoleh persentase hasil belajar 90% dengan rata-rata 85,1.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Vonni, Yuniar Saraswativonniyuniar09589@gmail.comD97215080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukaffa, Zumrotulzumrotul_mukafah@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi Role Playing; Pemahaman Tema Benda; Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Vonni Yuniar Saraswati
Date Deposited: 01 Aug 2019 02:19
Last Modified: 01 Aug 2019 02:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32979

Actions (login required)

View Item View Item