PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIKIH MATERI SHOLAT BERJAMAAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE DOMONSTRASI PADA SISWA KELAS 2 MI AL HUDA KARDULUK PRAGAAN SUMENEP

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Romli, Romli (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIKIH MATERI SHOLAT BERJAMAAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE DOMONSTRASI PADA SISWA KELAS 2 MI AL HUDA KARDULUK PRAGAAN SUMENEP. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Sholat berjamaah dengan menggunakan metode demonstransi di Kelas 2 MI AL Huda Karduluk dan mengetahui peningkatan kemampuan Sholat berjamaah Kelas 2 MI AL Huda Karduluk setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstransi
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan pembelajaran dengan metode demonstrasi yang bersifat kolaboratif dan partisipatif dengan melakukan pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara, tes dan dokumentasi.
Penggunaan metode demonstrasi meliputi perencanaan, atau pelaksanaan dan evaluasi. Guru bidang studi Fiqih di Kelas II MI. Al Huda Karduluk dalam Penggunaan metode demonstrasi pertama kali memberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai materi yang akan didemonstrasikan, kemudian guru memberikan contoh melakukan demonstrasi yang baik dan benar mengenai materi pelajaran tersebut, setelah itu guru memerintahkan siswa untuk mempraktekkan kembali. Dan diperoleh hasil observasi aktifitas guru adalah 65 (baik) dan siswa adalah 70 (baik) pada siklus I. sedangkan pada siklus II diperoleh hasil observasi aktivitas guru adalah 83 (baik) dan siswa 96,87 (baik)
Ada peningkatan yang signifikan dari hasil belajar siswa setelah diajar menggunakan metode demonstrasi. Peningkatan dari performance pada siklus 1 rata-rata diperolekh 77,6. Dan prosentasenya adalah 34,785% sedangakan peningkatan hasil belajar pada siklus II diperoleh rata-rata 85,08. Dan prosentase ketuntasannya adalah 91,30%.sehingga terjadi peningkatan rata-rata 8,2 dan penigkatan prosentase ketuntasan belajar sebesar 56,52%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Romli, RomliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Salat > Salat Jama'ah
Keywords: Belajar Fikih; Sholat Berjamaah; Metode Domonstrasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Sulaiman Sulaiman
Date Deposited: 15 Jan 2016 01:39
Last Modified: 15 Jan 2016 01:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3298

Actions (login required)

View Item View Item