Prediksi curah hujan dengan menggunakan metode Jaringan Syaraf Tiruan (JST) Backpropagation sebagai pendukung kalender tanam di Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyati, Ulviyana (2019) Prediksi curah hujan dengan menggunakan metode Jaringan Syaraf Tiruan (JST) Backpropagation sebagai pendukung kalender tanam di Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulviyana Cahyati_H72215025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemanasan global menyebabkan keadaan atmosfer tidak menentu sehingga mengakibatkan perubahan iklim yang ada di bumi. Perubahan iklim tersebut salah satunya adalah curah hujan yang berada di bawah normal yang akan memberikan dampak pada pola kehidupan manusia. Perubahan iklim pada sektor pertanian, membuat para petani mengalami kegagalan panen. Berdasarkan data Dinas Pertanian Kabupaten Lamongan pada tahun 2018 sedikitnya 7.041 hetare (ha) lahan padi di sembilan Kecamatan di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur rusak akibat kekeringan. Total seluruh tanaman padi yang rusak yaitu 2.067 ha diantaranya mengalami rusak ringan, 1.555 ha mengalami rusak sedang, 1.045 ha rusak berat dan 2.014 ha mengalami puso atau gagal panen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model prediksi curah hujan yang telah dibangun dengan menggunakan Backpropagation dan untuk mengetahui hasil konverensi data prediksi curah hujan menjadi kalender tanam menggunakan Backpropagation. Hasil dari penelitian ini adalah model arsitektur terbaik 12-60-1, learning rate terbaik 0,1 dan momentum terbaik 0,25. Berdasarkan konversi data prediksi curah hujan menjadi kalender tanam, didapatkan jadwal tanam padi di bulan Maret - Juni, tanam jagung di bulan Maret - Oktober, tanam kacang kedelai di bulan Februari - Oktober, dan tanam kacang hijau di bulan Februari - Oktober.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyati, Ulviyanaulvicahyati03@gmail.comH72215025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlinnuha, Nurissaidahnuris.ulinnuha@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorNovitasari, Dian Candra Rinidiancrini@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Data Mining; Rainfall; Artificial Neural Network (ANN); Backpropagation and Evaluation
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Cahyati Ulviyana
Date Deposited: 31 Jul 2019 08:21
Last Modified: 31 Jul 2019 08:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32980

Actions (login required)

View Item View Item