Peningkatan hasil belajar pembelajaran SKI materi Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW menggunakan strategi True or False pada siswa Kelas IV di MI Safinda Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Octaviana, Nur (2019) Peningkatan hasil belajar pembelajaran SKI materi Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW menggunakan strategi True or False pada siswa Kelas IV di MI Safinda Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Octaviana_D97215104.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar siswa kelas IV MI Safinda Surabaya pada Mata Pelajaran SKI Materi Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Berdasarkan hasil kegiatan prasiklus, dari 21 siswa, hanya 6 siswa yang tuntas. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan strategi True or False pada mata pelajaran SKI materi Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW di MI Safinda Surabaya? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI materi Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW di MI Safinda Surabaya dengan menggunakan strategi True or False? Metode yang peneliti gunakan pada penelitian tindakan kelas ini adalah model kurt lewin yang didalamnya terdapat 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Safinda Surabaya yang terdiri dari 21 siswa. Pengambilan data dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi true or false dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Pada siklus 1 hasil observasi guru yaitu 72, dan mengalami peningkatan menjadi 98 pada siklus 2. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus 1 yaitu 75, mengalami peningkatan menjadi 97 pada siklus 2. 2) Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada prasiklus sebesar 59,05 dengan presentase 28,57%, pada siklus 1 menjadi 65 dengan presentase 52,38% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 83,67 dengan presentase 85,71% .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Octaviana, NurOcthavia903.ov@gmail.comD97215104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBachtiyar, Machfudbachtiyah.mahfud@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Nabi Muhammad
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil Belajar; SKI; Strategi True or False
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Octaviana Nur
Date Deposited: 01 Aug 2019 02:02
Last Modified: 01 Aug 2019 02:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32983

Actions (login required)

View Item View Item