Metode Kontrasepsi Non Hormonal Dalam Perspektif Hadis: kajian ma’anil hadis al-‘azl dalam kitab sunan ibn majah no indeks 1927

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Indah (2019) Metode Kontrasepsi Non Hormonal Dalam Perspektif Hadis: kajian ma’anil hadis al-‘azl dalam kitab sunan ibn majah no indeks 1927. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Lestari_E95215046.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kitab Sunan Ibnu Majah merupakan bagian dari kutub al-sittah. Dalam kitab Sunan Ibnu Majah ada beberapa pembahasan salah satunya hadis no indeks 1927. Dalam penelitian ini bersifat kepustakaan research, karena dalam menunaikan sebuah penelitian, penulis melakukan penampungan dari berbagai sumber rujukan. Selanjutnya penulis melakukan kritik sanad, kritik matan dengan tujuan mengetahui kualitas hadis. Kemudian I’tibar, lalu langkah terakhir menarik sebuah kesimpulan tentang kualitas hadis tersebut. Oleh karnanya peneliti merasa tertarik untuk menelitinya, maka judul dari penelitian ini adalah Metode Kontrasepsi Non Hormonal Dalam Prespektif Hadis (Kajian Ma’ani HAdis Al- ‘Azl Dalam Kitab Sunan Ibn Majah No Indeks 1927). Terdapat 3 Rumusan Masalah dalam menulisan ini yang Pertama status bagaimana kehujahan hadis Al-‘Azl, Kedua bagaiamana pemahaman Pemahama kontrasepsi dan Pemaknaan ‘azl ,Ketiga bagaimana implikasi hadis al- ‘Azl bila di kaitkan dengan Metode Kontrasepsi. Hasil penelitiannya: pertama, Hadis ja>bir riwayat Ibn Majah, semuanya thiqah berdasarkan komentar para ulama dengan metode al- tahdith muqtadim al- Jarh, maka dapat diketahui kualitas hadisnya adalah Sahih Lidhatihi karena sudah memenuhi syarat hadis sahih. Kedua, metode kontrasepsi non hormonal al-‘azl hukumnya makruh, karena dibolehkan dengan dasar-dasar yang mendesak yang bersifat positif, seperti satu mengatur jarak pembuatan anak, kedua kesehatan ibu, ketiga kesehatan kandungan, keempat menghindari penyakit, kelima menghilangkan kemudaratan dan lain-lain. sedangkan yang alasan yang kedua di karena bahwa metode kontrasepsi non hormonal itu tidak bertentangan dengan syariat agama dikarenakan pertama melangkakan kelahiran anak kedua kondisi yang tidak memungkinkan dan penyebaran penyakit menular. Ketiga, kontrasepsi hormonal dibagi menjadi dua yaitu permanen dan tidak permanen, kontrasepsi hormonal yang permanen vasektomi, tubal ligation, histerektomi, diafragma. kontrasepsi tidak permanen seperti pil kb, metode kalender, pelemah sperma, prostogen suntik, semprotan (dus). Adapun kontrasepsi non hormonal seperti IUD, al-Azl, kondom, metode kalender. Faktor yang memperngaruhi pemilihan kontrasepsi non hormonal adalah faktor kesehatan dan faktor pasangan. Manfaat dari penggunaan kontrasepsi non hormonal adalah menurunkan resiko kehamilan, tidak menggangu tumbuh kembang anak, menjaga kesehatan mental, terpenuhi gizi anak. Sedangkan dampak dari penggunaan kontrasepsi non hormonal adalah kanker payudara, tingginya kadar CRD (kadar protein C), berkurangnya kepadatan tulang. Menurut dokter muslim, kontrasepsi non hormonal hukumnya makruh karena itu dalam dunia kedokteran ada saran pemakaian kontrasepsi hormonal untuk mencegah kehamilan pada wanita muda karena beresiko kematian, beresiko sakit rahim, beresiko pada kandungan kemih yang lemah, beresiko berat janinnya yang berimbas pada kantung kemih lalu mengakibatkan pengendalian air kencing yang menderita permanen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, IndahIndahlegimen1996@gmail.comE95215046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFadlilah, Nurnurfadlilah.uinsa@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorFaruq, UmarUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kontrasepsi
Keywords: Al- ‘Azl ; Metode Kontrasepsi ; Keluarga Berencana.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: lestari Indah
Date Deposited: 01 Aug 2019 03:09
Last Modified: 01 Aug 2019 03:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32992

Actions (login required)

View Item View Item