Analisis Fiqh Siyasah Terhadap Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 51/PUU-XV/2017 Tentang Pengelolaan Keuangan Haji

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lafynna, Enno Ayu (2019) Analisis Fiqh Siyasah Terhadap Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 51/PUU-XV/2017 Tentang Pengelolaan Keuangan Haji. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Enno Ayu Lafynna C95215078.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah penelitian kepustakaan dengan judul "Analisis Fiqh Siyasah Terhadap Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 51/PUU-XV/2017 Tentang Pengelolaan Keuangan Haji. Hasil penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana putusan MK nomor 51/puu-xv/2017 tentang pengelolaan keuangan haji dan bagaimana analisis fiqh siyasah terhadap putusan MK nomor 51/puu-xv/2017 tentang pengelolaan keuangan haji. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Sifat penelitiannya yakni deskriptif analitis, dan sumber data yang digunakan adalah bahan hukum primer dan sekunder. Teknik perolehan data dengan teknik dokumentasi yang kemudian dianalisis melalui analogi deduktif. Hasil penelitian ini memberikan dua kesimpulan yakni pertama berdasarkan putusan MK no. 51/puu-xv/2017 yang terkait pasal yang diajukan oleh pemohon bahwa MK menunjuk BPKH berwenang atas pengelolaan keuangan haji dan dalam koridor yang benar. Kedua, dalam hal ini jika ditinjau dari fiqh siyasah maliyah BPKH tidak melanggar aturan mengenai dana haji yang asalnya dari calon jamaah haji yang akan berangkat haji untuk dirinya sendiri kemudian di alokasikan menjadi investasi. Dari fungsi maupun tugas dari baitul-mal adalah menangani harta yang diterima Negara dan mengalokasikannya bagi kaum Muslim yang berhak menerimanya. Sehingga kebijakan BPKH tersebut sudah sesuai dengan baitul-mal. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka pemerintah hendaknya lebih mensosialisasikan secara transparan kepada seluruh masyarakat Indonesia, dan berkoordinasi secara bijaksana dengan cara memberikan pemahaman kepada calon jamaah haji sehingga pemikiran calon jamaah haji bisa ditampung dalam sebuah ide sebagai masukkam bagi pemerintah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lafynna, Enno Ayuennoayu58131@gmail.comC95215078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuyikno, Suyiknoyicko.88@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum Tata Negara
Keywords: Pengelolaan keuangan Haji; Haji
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Lafynna Enno Ayu
Date Deposited: 01 Aug 2019 03:21
Last Modified: 01 Aug 2019 03:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32997

Actions (login required)

View Item View Item