Model Discovery Learning dalam pembelajaran PAI ditinjau dari Qs. Al-an'am ayat 74-79

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikriyah, Nur (2019) Model Discovery Learning dalam pembelajaran PAI ditinjau dari Qs. Al-an'am ayat 74-79. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Fikriyah_D91215103.pdf

Download (10MB)

Abstract

Dalam penelitian ini terdapat beberapa permasalahan yang akan dikaji yaitu: (1) Apa yang dimaksud dengan model Discovery Learning? (2) Bagaimana model discovery learning dalam pembelajaran PAI ditinjau dari QS. Al-An’am ayat 74-79? Latar belakang masalah penelitian ini adalah pendidikan merupakan proses penting dalam kehidupan manusia. Orang dewasa berkewajiban mendidik generasi penerus khususnya pada pendidikan Islam. Peneliti memilih surat Al-An`ām ayat 74-79 sebagai obyek penelitian ini, sebab di dalamnya terkandung konsep pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui konsep pendidikan berdasarkan Al-An`ām ayat 74-79 serta penerapannya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Reseach) dengan objek salah satu kisah Nabi yang ada dalam Al-Qur’an “QS. al-An’am ayat 74-79 tentang kisah Nabi Ibrahim. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran yang ada dalam kisah Nabi Ibrahim. Metode dokumentasi merupakan cara pengumpulan data yang dipilih dalam penelitian ini yaitu berasal dari kajian kitab tafsir QS. al-An’am. Sedangkan dalam analisis data, penulis menggunakan metode deskriptif analisis yaitu mengumpulkan bahan-bahan kemudian diuraikan, ditafsirkan serta ditarik kesimpulan.Adapun hasil penelitian tentang model discovery learning dalam pembelajaran PAI ditinjau QS. Al-An’am ayat 74-79 adalah ingin merubah kondisi belajar yang pasif menjadi aktif dan kreatif. Mengubah pembelajaran yang teacher oriented ke student oriented. Merubah modus siswa hanya menerima informasi secara keseluruhan dari guru ke modus Discovery siswa menemukan informasi sendiri. Namun Islam juga memberikan keseimbangan dengan mengajak manusia untuk tetap mengacu kapada tauhid dan tidak semata-mata hanya berpedoman kepada akal-fikiran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikriyah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaini, Ahmad.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorNawawi, M.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Discovery Learning, Pembelajaran, PAI, QS. Al-An’am ayat 74-79
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fikriyah Nur
Date Deposited: 08 Aug 2019 06:45
Last Modified: 08 Aug 2019 06:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33002

Actions (login required)

View Item View Item