Peningkatan hasil belajar siswa Tema 6 Subtema 3 tentang Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) di Kelas V MI Tarbiyatul Aulad Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chafidhoh, Ninik Nur (2019) Peningkatan hasil belajar siswa Tema 6 Subtema 3 tentang Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) di Kelas V MI Tarbiyatul Aulad Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ninik Nur Chafidhoh_D97215070.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa tema 6 subtema 3 tentang pengaruh kalor terhadap kehidupan pada pembelajaran 1 dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas V MI Tarbiyatul Aulad Jombang karena nilai hasil belajar siswa masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada tema 6 subtema 3 tentang pengaruh kalor terhadap kehidupan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Tarbiyatul Aulad Jombang? 2) Bagaimana peningkatan hasil
belajar siswa pada tema 6 subtema 3 tentang pengaruh kalor terhadap kehidupan dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada kelas V MI Tarbiyatul Aulad Jombang?. Tujuan penelitian untuk menjawab rumusan masalah diatas. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang mempunyai empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Data penelitian diperoleh dari wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pembelajaran 1 tema 6 subtema 3 tentang pengaruh kalor terhadap kehidupan dikategorikan baik, dengan nilai hasil observasi aktivitas guru siklus I adalah 85 dan 89 pada siklus II. Begitu juga nilai hasil observasi siswa siklus I adalah 70 dan 73 siklus II. 2) Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar tema 6 subtema 3 tentang pengaruh kalor terhadap kehidupan.Terlihat dari nilai ratarata siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia pada prasiklus yakni 67,5 persentase ketuntasannya 31,25%, pada siklus I peningkatan 70,3 persentase ketuntasannya 70,3%, dan pada siklus II peningkatan 79,9 persentase ketuntasannya 75%. Untuk peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA yakni 67,2 pada prasiklus persentase ketuntasan 37,5% kemudian pada siklus I terjadi peningkatan 69,7 persentase ketuntasannya 50% dan peningkatan pada siklus II 81,25 persentase ketuntasannya75%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chafidhoh, Ninik Nurchafidhohninik@gmail.comD97215070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirdigilib@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Contextual Teaching and Learning
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar; CTL
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Chafidhoh Ninik Nur
Date Deposited: 02 Aug 2019 03:22
Last Modified: 02 Aug 2019 03:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33004

Actions (login required)

View Item View Item