Implementasi Evaluasi Diri Sekolah dalam Penjaminan Mutu Pendidikan di SD Islam Al-Raudlatul Amien (SD Irada) Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiroh, Mustaidatul (2019) Implementasi Evaluasi Diri Sekolah dalam Penjaminan Mutu Pendidikan di SD Islam Al-Raudlatul Amien (SD Irada) Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mustaidatul Khoiroh_D93215048.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Implementasi Evaluasi Diri Sekolah dalam Penjaminan Mutu Pendidikan di SD Islam Al-Raudlatul Amien (SD Irada) Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai impelemntasi Evaluasi Diri Sekolah di SD Irada Gresik, Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan di SD Irada Gresik, dan Implementasi Implementasi Evaluasi Diri Sekolah dalam Penjaminan Mutu Pendidikan di SD Irada Gresik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif-deskriptif. Peneliti melakukan pendalaman terhadap berbagai fenomena yang ada di lapangan dan menggambarkan dalam bentuk kata-kata dan kalimat. Metode yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi. Peneliti menggunkan model Miles dan Huberman dalam melakukan analisis data, yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan menyebutkan bahwa Implementasi Evaluasi Diri Sekolah dalam Penjaminan Mutu Pendidikan di SD Islam Al-Raudlatul Amien (SD Irada) Gresik sudah baik. Pada tahap pengembangan instrumen menggunakan instrumen yang telah ditetapkan oleh Pemerintah dengan mengacu kepada delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Pada tahap pengumpulan data menggunakan instrumen yang diisi oleh kepala sekolah, delapan guru, lima belas siswa, tiga komite sekolah dengan melakukan pendampingan dan verifikasi data isian. Pada tahap analisis data SD Irada menggunakan hasil dari analisis data dengan menggunakan aplikasi EDS dan menentukan masalah. pada tahap penentuan akar masalah, semua pemangku kepentingan menganalisis masalah yang sudah diketahui dengan mencari akar/penyebab masalah. Pada tahap rekomendasi, para pemangku kepentingan di SD Irada menyusun prioritas masalah dari hal yang paling mendesak untuk dilakukan perbaikan. Kendala yang dialami SD Irada adalah kurang dana dalam pengimplementasian program perbaikan mutu secara berkelanjutan karena kurang adanya peran dari pemerintah dalam hal sokongan dana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiroh, Mustaidatulmustaidatulk@gmail.comD93215048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah A.M., Mukhlishah A.M.mukhlishah.bki@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Evaluasi Diri Sekolah: Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Khoiroh Mustaidatul
Date Deposited: 05 Aug 2019 08:09
Last Modified: 05 Aug 2019 08:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33005

Actions (login required)

View Item View Item