Analisis Framework Akad Musharakah di PT. Golek Sukses Berkah kota Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muthomimmah, Siti Arinia (2019) Analisis Framework Akad Musharakah di PT. Golek Sukses Berkah kota Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Arinia Muthomimmah_G74215177.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Framework Akad Musharakah di PT. Golek Sukses Berkah Kota Kediri” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana penerapan akad musharakah pada perusahaan jasa transportasi online syariah Golek. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif diskriptif, sebuah penelitian yang memanfatkan wawancara terbuka untuk menelaah dan memahami sikap, pandangan, perasaan, dan perilaku individu atau sekelompok orang yang diuraikan secara menyeluruh sesuai dengan persoalan yang akan dipecahkan. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha menganalisis penerapan akad musharakah yang ada di PT. Golek Sukses Berkah Kota Kediri. Hasil dari penelitian ini yaitu masih ada beberapa implementasi akad musharakah yang diterapkan PT Golek dengan driver ojek yang tidak sesuai dengan syariah seperti dalam sharing modal, sharing kerugian dan adanya kinerja driver yang tidak sesuai kualifikasi dari perusahaan. Meskipun demikian, ada penerapan akad yang telah sesuai dengan syariah yaitu dalam sharing keuntungan yang dibagi sesuai dengan kesepakatan antara perusahaan dengan driver. Saran dari peneliti untuk perusahaan, sebaiknya PT. Golek Sukses Berkah mempertahankan penerapan akad musharakah yang telah sesuai dengan syariah dan memperbaiki sistem yang kurang tepat sehingga implementasi akad musharakah dapat berjalan sesuai dengan yang diajarkan oleh agama Islam. Sedangkan untuk driver, sebaiknya melaksanakan kualifikasi yang telah ditetapkan oleh PT. Golek Sukses Berkah agar tidak menimbulkan kerugian meskipun hanya kerugian non materiil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muthomimmah, Siti Ariniaarinia53@gmail.comG74215177
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusfiqoh, Sitimusfiqohzuhroh@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Akad Musharakah; Transportasi Online; PT Golek Sukses Berkah Kediri
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muthomimmah Siti Arinia
Date Deposited: 01 Aug 2019 01:30
Last Modified: 01 Aug 2019 01:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33008

Actions (login required)

View Item View Item