Peran pesantren dalam pengembangan ekonomi santri Yayasan Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fabrianti, Fitria (2019) Peran pesantren dalam pengembangan ekonomi santri Yayasan Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitria Fabrianti_G74215141.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Peran Pesantren dalam Pengembangan Ekonomi Santri Yayasan Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo” ini membahas mengenai peran dari pesantren dalam mengembangkan ekonomi santri di Yayasan Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo, melalui bisnis yang dimiliki pesantren. Adapun masalah yang diangkat penulis dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan bisnis yang dijalankan pesantren dan bagaimana membangun kemandirian santri untuk mengembangkan ekonomi santri melalui kegiatan ekonomi yang diciptakan pesantren. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan pada objek. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian diolah melalui editing, organizing, dan penemuan hasil untuk memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kegiatan bisnis yang diciptakan oleh Yayasan Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo dapat menumbuhkan jiwa kemandirian santri melalui kegiatan entrepreneur. Kegiatan tersebut dilakukan dengan cara; Pertama, motivasi kewirausahaan. Kedua, pengelolaan bisnis kopi yang ada di pesantren. Peran pesantren dalam membangun kemandirian santri dalam melakukan pengembangan ekonomi terhadap santri dilakukan pendampingan terhadap 2 hal. Pertama, melakukan peningkatan skill dalam segi pendidikan santri dengan memberikan wadah dan fasilitas yang dapat mengembangkan skill santri. Kedua, peningkatan usaha dalam pembangunan bisnis pesantren dengan memberikan kesempatan penuh kepada semua santri untuk ikut serta dalam kegiatan bisnis pesantren. Berdasarkan hasil penelitian di atas penulis memberikan saran dalam mengadakan training kewirausahaan perlu diadakan kelas-kelas untuk santri supaya lebih terorganisasi dengan baik serta perlu adanya perluasan produk bisnis yang dimiliki oleh pesantren supaya bisa memajukan edukasi santri mengenai entrepreneur yang bukan hanya berfokus pada dunia bisnis kopi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fabrianti, Fitriaf.fabrianti10314@gmail.comG74215141
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Sirajulsirajul.arifin@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Pesantren; pengembangan ekonomi; ekonomi santri
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fabrianti Fitria
Date Deposited: 01 Aug 2019 06:42
Last Modified: 01 Aug 2019 06:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33011

Actions (login required)

View Item View Item