Peningkatan hasil belajar materi Sholat Idain melalui model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Turnament pada siswa Kelas IV Minu Darunnajah Kloposepoloh Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Diyah, Ayu Rochmawati (2019) Peningkatan hasil belajar materi Sholat Idain melalui model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Turnament pada siswa Kelas IV Minu Darunnajah Kloposepoloh Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diyah Ayu Rochmawati_D97215087.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih MI.Siswa mengeluh bahwa Fiqih adalah pelajaran yang sulit terlebih kurangnya pemahaman dengan baik yang tidak diketahui. Guru sering menggunakan ceramah tanpa variasi, akhirnya siswa tidak terlihat aktif dalam kegitan pembelajaran. Untuk mengatasinya,penulis melakukan pembelajaran dengan menerapkan model Team Games Turnament yang dilakukan dalam 2 siklus. Tujuan penelitian ini adalah:(1) Mengetahui penerapan model Team Games Turnament untuk meningkatan hasil belajara mata pelajaran Fiqih materi Sholat Idain pada kelas IV MI Darunnajah Sidoarjo. (2)mengetahui peningkatan hasil belajara mata pelajaran Fiqih materi Sholat Idain setelah menggunakan model model Team Games Turnament pada kelas IV MI Darunnajah Sidoarjo. Metode penelitian ini merupakan PTK model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu,(1) Perencanaan,(2) Pelaksanaan,(3) Observasi, dan (4)Refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, performance, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahan: (1) Penerapan model Team Games Turnament berjalan dengan katagori baik.Terbukti dari peningkatan hasil aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I ,aktivitas guru memperoleh 75 (kurang), kemudian meningkat menjadi 91.07(baik) pada siklus II. Sedangkan nilai aktivitas siswa pada siklus I yaitu 79 ( kurang) dan meningkat menjadi 93.26(baik) pada siklusII. Peningkatan tersebut dibuktikan dari persentase ketuntasan belajar siswa. Pada pra siklus sebesar 25% (kurang), meningkat menjadi 51,61% (kurang) pada siklus I dan meningkat menjadi 87,09% (baik) pada siklus II. Rata-rata siswa pada siklus I sebesar 80,25(cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 87,09 (baik). Dan prosentase peningkatan ketuntasan pada pra siklus sebesar 29,03 % dan mengalami peningkatan pada siklus I yakni sebesar 69,56% dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 86,6%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Diyah, Ayu Rochmawatiayyudiyya96@gmail.comD97215087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorSucipto, Al Qudus Nofiandri EkoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil Belajar; Model Team Games Turnament; Materi sholat idain
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rochmawati Diyah Ayu
Date Deposited: 02 Aug 2019 03:15
Last Modified: 02 Aug 2019 03:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33035

Actions (login required)

View Item View Item