Pengembangan program Full Day School dalam meningkatkan akhlak siswa kelas X MAN Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Evi Silviana (2019) Pengembangan program Full Day School dalam meningkatkan akhlak siswa kelas X MAN Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Evi Silviana Wulandari_D91215052.pdf - Published Version

Download (16MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan program full day school di MAN Bangkalan ? (2) Bagaimana akhlak siswa kelas X MAN Bangkalan ? (3) Bagaimana pengembangan program full day school dalam meningkatkan akhlak siswa kelas X MAN Bangkalan ? Full day school merupakan salah satu inovasi baru dan alternatif baru untuk pelaksanaan program pendidikan dalam mengembangkan kreativitas yang dimiliki peserta didik. Sistem pembelajaran full day school adalah program pendidikan yang mana segala aktivitas peserta didik berada disekolah. Program full day school merupakan kegiatan belajar sehari penuh, yaitu dari pukul 06.30 WIB hingga pukul 15.30 WIB, dan juga samapi pukul 16.15 WIB.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data-data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Maka dari itu, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif karena data-data yang ada diperoleh dari hasill wawancara dengan kepala sekolah MAN Bangkalan, guru, murid, dan pihak sekolah yang terlibat, observasi lapangan dan deskripsi dokumentasi yang telah diperoleh di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan menunjukkan bahwa pelaksanaan program full day school di MAN Bangkalan sudah terlaksana dengan baik, dan para guru serta pihak sekolah sudah melakukan cara atau metode untuk mencetak siswa yang berakhlaqul karimah yaitu dengan metode pembiasaan, keteladanan, dan pemahaman atau nasihat serta metode pembelajaran yang menarik. Sehingga, dengan diterapkannya berbagai metode tersebut siswa selain cerdas intelektual, juga memiliki akhlak yang baik dan tidak merasa bosan ketika mengikui proses pembelajaran. Selain itu, adanya program keagaamaan dan ekstrakurikuler di MAN Bangkalan sebagai penunjang untuk mencetak siswa yang berakhlaqul karimah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Evi Silvianaeviftk@gmail.comD91215052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Alialimasud.kholqillah@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkizakkif@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Perilaku
Keywords: Pengembangan Program, Full Day School, Akhlak.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wulandari Evi Silviana
Date Deposited: 06 Aug 2019 02:28
Last Modified: 06 Aug 2019 02:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33039

Actions (login required)

View Item View Item