Peningkatan keterampilan menulis puisi pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III melalui model pembelajaran Concept Sentence MINU Ngingas Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choiria, Ismi Ajeng (2019) Peningkatan keterampilan menulis puisi pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III melalui model pembelajaran Concept Sentence MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ismi Ajeng Choiria_D97215058.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penulisan penelitian ini ialah karena rendahnya keterampilan menulis siswa kelas III pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi disebabkan karena proses pembelajaran yang ada di kelas berpusat pada guru dan guru sebagai sumber utama pembelajaran kemudian guru hanya menerapkan metode diskusi dan ceramah sehingga membuat siswa tidak terlalu tertarik pada pembelajaran Bahasa Indonesia terutama pada materi menulis puisi. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model concept sentence pada mata pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas III MINU Ngingas Waru?. 2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis siswa kelas III MINU Ngingas Waru pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran concept sentence? Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penulisan ini adalah PTK model Kurt Lewin dengan subjek penelitian 37 peserta didik dan tempat penelitian di MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran dengan adanya empat tahap yaitu: Perencanaa (planning), Tindakan (acting), Observasi (observing), Refleksi (reflecting). Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi guru dan siswa, penilaian non tes (produk) dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan model concept sentence berhasil karena guru dapat menerapkan model ini dengan baik sehingga siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran dibuktikan dengan hasil perolehan observasi guru pada siklus I hanya 76,7 dan 76,9 untuk hasil observasi siswa siklus I. Sedangkan pada hasil observsai guru siklus II mendapatkan hasil nilai 85 dan 82 untuk hasil observasi siswa siklus II. 2) Peningkatan keterampilan menulis siswa mendapat presentase 51,3% pada siklus I kemudian hasil perolehan dari siklus II meningkat dengan skor perolehan keterampilan menulis peserta didik yaitu 80,1 dengan kategori baik serta presentase ketuntasan sebesar 83,7% yang berarti sudah berhasil dan peserta didik yang tuntas sebanyak 31 anak dari 37 peserta didik dalam satu kelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choiria, Ismi Ajengajengchoiria@gmail.comD97215058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, JauharotinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorTamwifi, IrfanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Peningkatan; Bahasa Indonesia; Menulis Puisi; Concept Sentence
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Choiria Ismi Ajeng
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:30
Last Modified: 06 Aug 2019 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33041

Actions (login required)

View Item View Item