Pengaruh Kecerdasan Emosional Spiritual (ESQ) Terhadap Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziyati, Ainin (2019) Pengaruh Kecerdasan Emosional Spiritual (ESQ) Terhadap Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainin Fauziyati_D91215085.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan emosi dan spiritual mahasiswa di lingkup perguruan tinggi khususnya pada mahasiswa PAI di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya yang masih memanfaatkan waktu luangnya dengan hal-hal yang tidak bermanfaat saat kegiatan di segi digital. Banyak mahasiswa yang mendapat informasi dari media sosial belum mengecek kebenarannya atau sekedar chattingan di media sosial. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana tingkat kecerdasan emosional spiritual (ESQ) mahasiswa PAI di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya? (2) Bagaimana kemampuan literasi digital mahasiswa PAI di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya? (3) Bagaimana pengaruh kecerdasan emosional spiritual (ESQ) terhadap kemampuan literasi digital mahasiswa PAI di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya?.Data-data penelitian ini diperoleh dari hasil angket yang disebarkan kepada responden mengenai pengaruh kecerdasan emosional spiritual (ESQ) terhadap kemampuan literasi digital. Dalam memngumpulkan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif karena data-data yang digunakan menuntut penggunaan angka. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus regresi linier sederhana. Berdasarkan data yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan menggunakan SPSS bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, itu tandanya ada pengaruh kecerdasan emosional spiritual (ESQ) terhadap kemampuan literasi digital mahasiswa PAI di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. Pengaruh ESQ mahasiswa PAI sebesar 62,09% masuk kategori baik lalukemampuanliterasi digital mahasiswa PAI sebesar 61% masukkategoribaik.Sedangkan 27% variabel kompetensi literasi digital dipengaruhi oleh kecerdasan emosional spiritual (ESQ).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziyati, Aininainin.fauziya96@gmail.comD91215085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorMusthofa, Bahribahri.musthofa007@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Keywords: Pengaruh; Kecerdasan ESQ: Kemampuan Literasi Digital
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fauziyati Ainin
Date Deposited: 02 Aug 2019 03:33
Last Modified: 02 Aug 2019 03:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33044

Actions (login required)

View Item View Item