Strategi pemasaran dalam meningkatkan citra Pondok Pesantren Tebuireng Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qowim, Misbahul (2019) Strategi pemasaran dalam meningkatkan citra Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Misbahul Qowim_D93215046.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep dan implementasi strategi pemasaran yang dapat meningkatkan citra. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam proses pencarian data, Peneliti menggunakan metode observasi, wawancara mendalam terhadap subyek penelitian, dan dokumentasi. Dalam analisis dan intepretasi data, Peneliti menggunakan reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Sedangkan dalam uji keabsahan data Peneliti menggunakan triangulasi berupa triangulasi sumber dan teknik. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Tebuireng adalah strategi umum karena memperoleh keunggulan dalam hal biaya, memiliki ciri khas dan fokus. Meski biaya Pesantren Tebuireng tidak murah namun pesantren memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan dan juga mengutamakan kebutuhan masyarakat. Citra yang dimiliki Pesantren Tebuireng adalah citra perusahaan karena dilihat dari sejarahnya yang banyak berkontribusi terhadap bangsa Indonesia, kualitas pelayanannya yang baik hingga kualitas alumninya. Pesantren Tebuireng telah melakukan pencitraan dengan kualitas pendidikanya, hubungan yang baik dengan pelangganya, memiliki kepemimpinan yang kuat, serta telah membangun profil media melalui website dan sosial media yang dimiliki. Strategi pemasaran dalam meningkatkan citra Pondok Pesantren Tebuireng yaitu melalui kegiatan promosi di website dan media sosial, pemberitaan tentang prestasi dan kegiatan pesantren, dan personal selling melalui alumninya. Pesantren telah melakukan kegiatan pemasaran yang dapat meningkatkan citra pesantren diantaranya yaitu memberikan informasi kepada konsumen berupa prestasi dan kegiatan pesantren, mengembankan akses informasi melalui website dan sosial media, serta bersikap terbuka terhadap seluruh masyarakat secara luas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qowim, Misbahulmisbahulqowim5597@gmail.comD93215046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMa'arif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilreal_bjn80@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Strategi; Pemasan; Citra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Qowim Misbahul
Date Deposited: 07 Aug 2019 05:04
Last Modified: 07 Aug 2019 05:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33049

Actions (login required)

View Item View Item