Korelasi kepribadian dosen dengan kosentrasi belajar Mahasiswa PAI di UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puteh, Nadiyah (2019) Korelasi kepribadian dosen dengan kosentrasi belajar Mahasiswa PAI di UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadiyah Puteh_D41215116.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana korelasi kepribadian dosen dengan konsentrasi belajar mahasiswa PAI di UIN Sunan Ampel Surabaya tahun ajaran 2018-2019.Permasalah yang dikajikan oleh peneliti:1)bagaimana kepribadian dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam di UIN Sunan Ampel Surabaya; 2)bagaimana konsentrasi belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam di UIN Sunan Ampel Surabaya; 3) bagaimana korelasi kepribadian dosen dengan konsentrasi belajar mahasiwa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam di UIN Sunan Ampel Surabaya. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian mahasiswa PAI semester 2, 4 dan 6 Tahun Akademik2018-2019. Jumlah populasinya adalah 442 orang dengan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling sebesar 30% yaitu 132 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket(skala likert). Untuk menganalisis data,peneliti menggunakan rumusan korelasiProduct moment.Hasil penelitian menunjukkan:1) keribadian dosen terdapat 84.4% berada dalam kategori sangat baik, karena dalam rentang 80% – 100%, sehingga dapat disimpulkan bahwa kepribadian dosen PAI ini tergolong sangat baik. 2) konsentrasi belajar mahasiswa 72.81% berada dalam kategori baik, karena dalam rentang 60% – 79,99% sehingga dapat disimpulkan bahwa konsentrasi belajar mahasiswa PAI ini tergolong baik. 3).korelsi kepribadian dosen dengan konsentrasi belajar mahasiswa PAI, menggunakan rumus product momentdiperoleh nilai koefesien korelasi atas r_xy sebesar 0,101. Berdasarkan tabel interpretasi koefisien korelasi (nilai”r”)terletak antara 0,00-0,20, dapat disimpulkan bahwa korelasi antara vriabel X dengan variabel Y menunjukkan korelasi “ rendah sekali”. Dengan kata lain kepribadian dosen dengan konsentrasi belajar mahasiswa PAI memiliki hubungan yang rendah sekali.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puteh, Nadiyahnadiyahputeh@gmail.comD41215116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Anak > Kepribadian
Keywords: kepribdian dosen; konsentrasi belajar; mahasiswa PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Puteh Nadiyah
Date Deposited: 02 Aug 2019 03:29
Last Modified: 02 Aug 2019 03:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33052

Actions (login required)

View Item View Item