Peran Kepala Madrasah dalam Supervisi Pengajaran di SMP Kyai Hasyim Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Lailatul Nurul (2019) Peran Kepala Madrasah dalam Supervisi Pengajaran di SMP Kyai Hasyim Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Nurul Hidayah_D93215045.pdf

Download (922kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu kesuksesan seorang pengajar untuk mencapai tujuan belajar didukung oleh bagaimana kepemimpinan kepala madrasah. Peran kepala madrasah sangatlah penting dalam lembaga pendidikan untuk membimbing, mengarahkan, dan membina bawahannya, yaitu dengan adanya kegiatan supervisi pengajaran. Sehingga para guru dapat mengetahui kekurangan yang harus diperbaiki, dan kelebihan yang harus ditingkatkan kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah di SMP Kyai Hasyim Surabaya, untuk mengetahui bagaimana supervisi pengajaran di SMP Kyai Hasyim Surabaya, dan untuk mengetahui apakah ada faktor yang menghambat dan mendukung peran kepala madrasah dalam supervisi pengajaran di SMP Kyai Hasyim Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu dengan cara observasi, peneliti melihat sendiri kejadian yang terjadi di lapangan, seperti kepala madrasah saat memantau guru-guru saat mengajar di kelas lewat monitor, kepala madrasah mendatangi kelas untuk melihat langsung proses belajar mengajar di kelas, kepala madrasah mengadakan bimbingan untuk para guru, dan mengevaluasi guru-guru. Teknik wawancara, yaitu peneliti memberikan beberapa pertanyaan kepada informan-informan yang dibutuhkan untuk mendapatkan data yang diperlukan untuk memenuhi mata kuliah skripsi. Menurut para informan, peran kepala madrasah dalam supervisi pengajaran sudah bisa dikatakan baik. Dan teknik selanjutnya yaitu dokumentasi berupa lampiran-lampiran data mengenai SMP Kyai Hasyim Surabaya terutama dalam hal supervisi pengajaran, dan foto-foto kegiatan supervisi pengajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Lailatul Nurullailatulnurulhidayah4@gmail.comD93215045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Manajemen Pendidikan
Keywords: Kepala Madrasah; Supervisi Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hidayah Lailatul Nurul
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:07
Last Modified: 05 Aug 2019 04:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33069

Actions (login required)

View Item View Item