Tinjauan Hukum Islam terhadap penetapan Upah Guru Les Freelance Ayo Cerdas Indonesia di Cluster Tropodo Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Indah Imanus (2019) Tinjauan Hukum Islam terhadap penetapan Upah Guru Les Freelance Ayo Cerdas Indonesia di Cluster Tropodo Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Imanus Sholihah_C92315160.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan dengan judul: Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penentapan Upah Guru Les Freelance Ayo Cerdas Indonesia di Cluster Tropodo Sidoarjo. Penelitian ini memuat dua permasalahan yaitu: Pertama, bagaimana penentuan upah guru les freelance Ayo Cerdas Indonesia di Cluster Tropodo Sidoarjo. Kedua, bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap Penentapan upah guru les freelance Ayo Cerdas Indonesia di Cluster Tropodo Sidoarjo.
Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan studi dokumen. Selanjutnya dianalisis dengan tehnik deskriptif kualitatif dengan pola pikir induktif. Sehingga dapat menarik kesimpulan terkait data-data tentang penentuan upah guru les freelance Ayo Cerdas Indonesia di Cluster Tropodo Sidoarjo. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Pertama, penentuan upah guru les freelance Ayo Cerdas Indonesia di Cluster Tropodo Sidoarjo ditentukan berdasarkan kebijakan sepihak Ayo Cerdas Indonesia . Akan tetapi pada saat awal akad, guru tidak mengetahui ketentuan atau kebijakan terkait upah tersebut. Sehingga pada saat pemberian upah timbul ketidakpuasan pada guru freelance. Kedua, tinjauan hukum Islam terhadap penentuan upah yang dilakukan oleh pihak Ayo Cerdas Indonesia dengan guru les freelance Ayo Cerdas Indonesia adalah rusak (fasid), sebab ada rukun yang tidak sesuai dengan syarat yang berlaku, yaitu jumlah upah tidak diketahui pada saat akad. Sejalan dengan kesimpulan diatas untuk mencapai hubungan kerja yang baik, terbuka dan jujur. Maka disarankan kepada pihak-pihak, yakni: Pertama, kepadatim HRD Ayo Cerdas Indonesia diharapkan dalam perjanjian awal menyebutkan dan menjelaskan ketentuan upah yang nantinya diperoleh guru les freelance dengan jelas agar tidak menimbulkan perselisihan antara pihak Ayo Cerdas Indonesia dan ruru les freelance. Kedua, kepada tim rekap gaji Ayo Cerdas Indonesia diharapkan dalam slip gaji guru les freelance dijelaskan secara rinci jumlah perhitungan pada bagian gaji mengajarnya, agar jumlahnya dapat diketahui dengan jelas.Ketiga, bagi guru les freelance Ayo Cerdas Indonesia diharapkan menanyakan dan menyepakatiterlebih dahulu terkait upah yang akan diperoleh agar tidak ada permasalahn dikemudian hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Indah Imanusindahimanus1296@gmail.comC92215160
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
CreatorSholihah, Indah Imanusindahimanus1296@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Hukum Islam
Upah Minimum
Keywords: Guru; freelance; les; upah; gaji
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sholihah Indah Imanus
Date Deposited: 02 Aug 2019 03:47
Last Modified: 02 Aug 2019 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33072

Actions (login required)

View Item View Item